Sisi Lain: Gus Irsyad Bicara Corona

981

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kasus corona (Covid-19) di Kabupaten Pasuruan seakan kian mengkhawatirkan. Pasien positif terus saja dilaporkan.

WartaBromo mencoba mencari jawaban dengan langsung menuju ke nara sumber utama. Siapa lagi kalau bukan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Yups, ketua gugus tugas sekaligus Bupati Pasuruan ini pun ungkapkan latar persoalan hingga cara menangani pandemi yang ternyata cukup mencengangkan.

Pastinya, pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu menegaskan, pihaknya tak pernah main-main saat daerahnya terdapat wabah.
Hal yang coba diluruskan adalah terkait kasus positif yang boleh dibilang ada lonjakan. Ia menyadari, kegelisahan warga mengemuka, saat mengetahui corona sepertinya semakin merajalela.

Menurutnya, hal itu justru satu bagian keseriusan gugus tugas dan pemerintah yang dikomandani, dalam ikhtiar memutus mata rantai atau pencegahan sebaran virus.

“Bukti upaya pemerintah dalam melakukan tracking dan tracing (penelusuran) dari beberapa kasus di Pasuruan,” kata Gus Irsyad, saat berbincang dengan WartaBromo dalam program Sisi Lain, beberapa waktu lalu.

Satu hal lagi yang coba dikuatkan berkenaan dengan Covid-19 di antaranya mendatangkan mesin PCR (polymerase chain reaction).

Keberadaan alat pendeteksi material genetik dari sel, bakteri, atau virus itu pun dikatakan menjadi hal strategis. Pasalnya PCR -yang secara teknis sebelumnya dilakukan swab tersebut- dapat segera memastikan status penularan corona.

Dengan cepat memperoleh informasi hasil PCR, maka upaya penanganan bisa segera diputuskan. Seperti apakah sebatas isolasi di rumah karantina atau perawatan medis di rumah sakit terhadap mereka yang terkonfirmasi. Tak terkecuali “mengunci” pihak-pihak yang sebelumnya bersinggungan dengan si pasien yang telah dinyatakan terjangkiti.

Perbincangan tentunya semakin mendalam. Salah satu hal yang menarik, antara lain bagaimana Pemerintah Kabupaten Pasuruan menangani dampak sosial dan perekomian akibat pandemi.

Gelontoran bantuan baik berupa uang tunai maupun bantuan pangan juga telah ditunjukkan. Bagaimana ikhtiar mengelola anggaran yang harus diarahkan ke penanganan Covid juga menjadi satu bagian penting disampaikan.

Nah, Bolo WarMo bisa melanjutkan cerita corona bersama Gus Irsyad secara utuh dalam program Sisi Lain. Disajikan dengan cara santuy, Anda bisa saksikan tayangan perdananya malam ini di WartaBromo.TV pada Jumat, 26 Juni 2020, pukul 20.00 WIB.

(red)