Kecelakaan di Kabupaten Pasuruan Meningkat, Gempol Dihitung Terbanyak

1802

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kecelakaan di Kabupaten Pasuruan masih kerap dijumpai, seperti trailer seruduk pikap Gran Max hingga nyemplung sungai di Purwodadi. Jika ditinjau dalam angka, peristiwa di jalanan ini ternyata cenderung terdapat peningkatan.

Sebenarnya, bagaimana catatan jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Pasuruan?

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, sepanjang tahun 2019 ada 997 kasus kecelakaan. Kecamatan Gempol menjadi penyumbang peristiwa terbanyak, yakni 182 kasus.

Dari sejumlah kasus kecelakaan di Kecamatan Gempol, 208 kasus di antaranya mengakibatkan korban luka  ringan. Sementara kasus kecelakaan korban meninggal dunia sebanyak 43, dan luka berat ada 4 kasus.

Meski demikian, dari data yang direkam BPS, ada 8 Kecamatan yang nihil kasus kecelakaan. Kecamatan itu adalah Tosari,  Kraton, Pohjentrek, Gondangwetan, Rejoso, Grati, Lekok, dan Kecamatan Nguling.

Baca Juga :   Rombongan Jemaah Haul Kiai Hamid Dari Luar Kota Akan Diarahkan ke Tiga Titik Ini

Purwodadi sendiri, menyumbang 61 kasus kecelakaan sepanjang tahun 2019. Di mana korban meninggal dunia sejumlah 19, luka berat 7 kasus, dan luka ringan diungkapkan ada 89 kasus.

Bagaimana dengan kecamatan lain? Berikut grafis datanya:

Grafis kasus kecelakaan per 2019 tiap kecamatan di Kabupaten Pasuruan.
Grafis kasus kecelakaan per bulan pada 2019 di Kabupaten Pasuruan.

Sekadar diketahui, sepanjang kurun waktu 2017-2019, jumlah kasus kecelakaan terus meningkat. Tahun 2017 tercatat 809 kasus, 2018 sebanyak 875, dan selama 2019 terjadi 977 kasus kecelakaan.

So, bagi siapapun yang sedang berkendara, tetap berhati-hati ya. (bel/ono)