Masker Pintar Ini Bisa Terhubung Internet hingga Terjemahkan Bahasa

702

Jakarta (WartaBromo.com) – Perusahaan teknologi asal Jepang mengembangkan “masker cerdas” selama pandemi Covid-19. Masker ini selain bisa meminimalisir “serangan” droplet, juga dapat terkoneksi internet untuk terjemahkan Bahasa.

Donut Robotics temukan hal baru selama Covid-19 masih jadi pandemi. Startup asal Jepang ini kembangkan “C-Mask” yang diklaim sebagai masker pintar. Betapa tidak, selain bisa menutup sebagian wajah, masker juga dapat terhubung dengan internet.

“Kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan robot dan kami telah menggunakan teknologi itu untuk menciptakan produk yang merespons bagaimana virus corona membentuk ulang kehidupan sosial,” kata Kepala Eksekutif Donut Robotics, Taisuke Ono dinukil dari Antara.

Masker ini nantinya bisa terhubung ke smartphone atau tablet dengan teknologi Bluetooth. Tak hanya itu, teknologi C-mask juga bisa menyalin ucapan dalam pesan teks, melakukan panggilan atau menerjemahkan dalam 8 bahasa. Kecilnya suara bagi pengguna masker juga bakal tak jadi masalah, karena C-mask bisa menyaringkan suara.

Ide penerjemah Bahasa ini disebut berdasarkan data pada 2016, bahwa 70% warga Jepang kurang fasih berbahasa Inggris. Masker ini diklaim bisa membantu warga untuk menerjemahkan Bahasa asing, termasuk Mandarin, Prancis, Korea, Thailand, Bahasa Indonesia, Spanyol, dan Vietnam.

Saat ini Donut Robotics memproduksi sebanyak 5.000 C-mask pertama. Masker cerdas ini akan dikirim ke pembeli di Jepang, Cina, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

“Ada minat yang kuat dari pasar tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, masker pintar ini dijual dengan harga relatif murah. Yakni 40 dolar AS atau sekira Rp574 ribu per masker. Meski demikian, Donut Robotics belum mengungkap bagaimana perawatan masker ini supaya tetap steril dan bisa digunakan. (may/ono)