Heboh Warga di Purwosari Tolak Pemakaman Jenazah PDP, Begini Ceritanya

5235

Purwosari (WartaBromo.com) – Peristiwa penolakan pemakaman jenazah PDP terjadi Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Warga menolak pemakaman jenazah yang dilakukan dengan protokol kesehatan.

Peristiwa ini terjadi tepatnya di Desa Sumbersuko pada Senin (13/07/2020) sekitar pukul 11.00.

Kepala Desa Sumbersuko, Susilo menjelaskan, jenazah tersebut adalah seorang perempuan usia 47 tahun. Sebelum mobil ambulans pembawa jenazah tiba, sejumlah warga sudah menunggu di tempat pemakaman.

Bahkan, tempat pemakaman pun diportal oleh warga. Menurut Susilo, yang ditolak oleh warga adalah pemakaman yang menggunakan protokol kesehatan. Warga menginginkan jenazah dimakamkan secara biasa.

“Kalau dari keluarga jenazah sendiri sebetulnya sudah paham dan tidak masalah jenazah dimakamkan dengan protokol kesehatan,” ungkap Susilo kepada WartaBromo.

Susilo melanjutkan, situasi makin lama makin ricuh. Camat, Kapolsek, Danramil, sampai turun ke lapangan untuk memberikan pemahaman kepada warga namun tidak membuahkan hasil.

Akhirnya, kata Susilo, jenazah yang ada di dalam peti pun terpaksa dikeluarkan, dibawa pulang, disalati, dan dimakamkan secara biasa di tempat pemakaman di Desa Sumbersuko

“Yang bersangkutan ini PDP. Rapidnya negatif. Sudah dilakukan swab, tapi hasilnya belum keluar,” imbuh Susilo. (tof/ono)