Cek Fakta, Benarkah Thermo Gun Bisa Merusak Otak?

10658

Pasuruan (WartaBromo.com) – Beredar informasi di media sosial terkait alat pengukur suhu tubuh atau Thermo Gun yang berbahaya bagi otak. Akibat informasi ini pula, banyak warga yang menolak diperiksa suhu tubuh pada bagian kepala.

“Hati-hati radiasi laser thermogun berbahaya untuk otak!!” tulis informasi yang berkembang luas di media sosial.

Selain itu, dalam narasi lain juga disebutkan, selain menyebabkan kerusakan otak, Thermo Gun sebenarnya digunakan untuk mengukur suhu panas pada kabel. Sehingga tak cocok untuk manusia.

Lalu, benarkah Thermo Gun ini bisa merusak otak?

Dokter Ari Fahrial Syam, spesialis penyakit dalam dilansir dari Cek Fakta Kominfo mengungkapkan, Thermo Gun yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh sudah melalui uji klinis. Jadi penggunanya dipastikan aman.

Baca Juga :   Sempat Menghilang hingga Bikin Geger, Perempuan Positif Covid-19 Sembuh

“Penggunaan termometer inframerah juga tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia, karena Termometer inframerah tidak memancarkan radiasi seperti sinar-X,” lanjutnya.

Sementara itu, narasi terkait Thermo Gun digunakan untuk mengukur suhu kabel, memang benar adanya. Namun, berbeda jenis. Ada dua jenis Termometer yakni klinik dan industri. Meski sekilas berbentuk hampir sama, namun secara fungsi berbeda.

“Termometer Klinik atau yang diperuntukan untuk kepentingan medis dan Termometer Industri yang biasa digunakan untuk mengukur suhu benda atau alat-alat manufaktur, seperti panas air, mesin, AC atau pendingin ruangan, kolam renang, trafo, dan lain-lain,” tandasnya. (may/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.