Peringati Idul Adha, PT CJI Kurban 3 Sapi dan 102 Kambing di Tengah Pandemi

869
CJI PEDULI: Vice President Director PT CJI, mr.Yoon Taesang menyerahkan secara simbolis hewan kurban ke ketua takmir masjid Baiturrahman didampingi Director Administrasi mr.Lee Ki Cheon dan Associate Director, Imam Nachrowi.

Pasuruan (Wartabromo.com) – PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) Rejoso – Pasuruan tetap peduli dengan lingkungan sekitar. Dalam peringatan Idul Adha 1441 H, perusahaan yang bergerak di bidang Bio bisnis ini tetap mempertahankan tradisi tahunan. Yakni berbagi melalui hewan kurban. Tahun ini, PT CJI berkurban 3 ekor sapi dan 102 ekor kambing. Jumlah daging hasil penyembelihan hewan kurban itu diserahkan ke masyarakat melalui 67 lembaga.

Yang perlu digarisbawahi, bahwa Idul Kurban tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni di tengah Pandemi Covid 19. Walau dalam situasi sulit akibat pandemi, namun CJI masih istiqamah. Perusahaan PMA ini tetap berbagi sedekah kepada banyak lembaga. Di antaranya  pondok pesantren, masjid, yayasan yatim piatu, madrasah diniyah, lembaga desa, dan instansi terkait.

DARI KARYAWAN: Ketua Forum Komunikasi Karyawan, Pebrian Tunggal Prakosa menyerahkan hewan kurban kepada wakil yayasan yatim piatu.

Penyerahan hewan kurban dilakukan pada Kamis (30/7) agar penerima bisa menyiapkan penyembelihan hewan kurban yang bisa dilaksanakan saat Idul Adha (31/7) ataupun hari tasyrik lainnya.

Selain menyerahkan hewan kurban ke beberapa lembaga, PT CJI juga melaksanakan penyembelihan 2 ekor sapi. Dagingnya dibagikan ke masyarakat sekitar pabrik yang berhak menerima. Mengingat hari raya jatuh pada hari Jumat, maka kegiatan penyembelihan dilakukan pada hari Sabtu (hari ini, red) dengan menggandeng Takmir Masjid Baiturrahman PT CJI dan Ketua RT setempat.

PROTOKOL KESEHATAN: Panitia penyembelihan harus melengkapi APD yang cukup, jaga jarak aman dan sering cuci tangan. Protokol covid. (Foto bawah); Salah satu penerima hewan kurban harus dipastikan dicek suhu, cuci tangan, semprot handsanitazer serta masker sebelum memasuki area penyerahan.

Penyerahan dan penyembelihan serta pendistribusian harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Mereka yang terlibat kepanitian dan penerima harus siap dicek suhu badan, cuci tangan, spray hand sanitizer,  pemakaian face shield dan  masker. Selain itu, tetap jaga jarak, hindari kerumunan harus sangat diperhatikan.

SIAP DISTRIBUSI: Daging kurban persembahan PT CJI siap didistribusikan ke masyarakat melalui ketua RT masing-masing dengan cara door to door untuk menghindari kerumunan massa.

Distribusi daging kurban juga tidak boleh ada penumpukan massa. Sistem “door to door ” lewat ketua RT setempat, menjadi pilihan yang tepat. Jangan sampai kegiatan mulia tersebut malah menjadi sumber penyebaran Covid.

DOOR TO DOOR: Salah satu karyawan PT CJI mendistribusikan daging kurban secara “door to door” atau langsung ke rumah warga supaya tidak terjadi kerumunan massa.

Hal ini disampaikan PT CJI melalui Manager Humas, Imron Gunawan. Menurutnya, PT CJI ingin selalu tumbuh dan berkembang bersama masyarakat  dengan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR-nya). Kegiatan penyerahan hewan dan pembagian daging kurban menjadi salah satunya.

“Dampak Covid membuat situasi kami sulit. Tapi masyarakat lebih sulit. Untuk itu tradisi tahunan yang baik ini kami pertahankan agar masyarakat tetap bisa menikmati daging sekaligus sebagai tambahan nutrisi di tengah situasi sulit,” demikian dikatakan lelaki yang akrab dipanggil IG itu.

Pihaknya menegaskan kembali dan mewanti-wanti kepada penerima hewan kurban untuk tetap melakukan protokol covid saat penyembelihan dan pendistribusian.

Sementara itu, salah satu penerima hewan kurban, H. Rosid menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas komitmen dan kepedulian PT CJI ke seluruh masyarakat. Khususnya warga sekitar perusahaan.  “Kita semua tahu situasi sangat sulit,  Alhamdulilah PT CJI masih bisa terus berbagi. Pasti manfaatnya sangat dibutuhkan warga, ” terang H. Rosid. (day/*)