Tembus 240 Positif, Ketua Dewan Minta Warga Kota Probolinggo Disiplin

1214

Probolinggo (wartabromo.com) – Angka positif Covid-19 di Kota Probolinggo kini mencapai 240 orang. Melihat fenomena itu, Ketua DPRD setempat, meminta warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data dari DKP2KB, ada 240 warga di Kota Probolinggo terkonfimasi Covid-19 hingga Rabu siang, 5 Agustus 2020. Dengan catatan 177 sembuh dan 7 meninggal dunia. Sedangkan 56 lainnya dirawat. Selain itu, ada 12 orang suspek dan 9 probable.

Menyikapi kondisi itu, Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib berharap semua yang terkonfirmasi positif Covid-19 segera membaik. Peningkatan kasus itu, kata Mujib, harus menjadi pelajaran bagi warga Kota Probolinggo. Utamanya dalam penerapan protokol kesehatan. Dengan disiplin memakai masker, jaga jarak dan cucu tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Ini juga tak terlepas dari bagaimana kedisiplinan warga atau masyarakat, terutama protokol kesehatannya betul-betul dijaga. Dan ini tidak mengarah pada satgas Covid-19, tapi lebih pada kesadaran diri sendiri,” ujar Mujib.

Sebab, saat ini banyak pasien positif yang termasuk orang tanpa gejala (OTG). “Saya sendiri dan panjenengan semua, tidak tahu akan terpapar di mana dan kapan. Jadi hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan dengan kesadaran diri sendiri,” lanjutnya.

Di lingkup DPRD Kota Probolinggo, ada 5 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yakni 3 anggota dewan dan 2 karyawan. Dari kelimanya itu, sudah ada 2 legislator dan 1 staf yang sembuh. Lainnya masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

“Alhamdulillah sudah sembuh dan sehat. Ini berkat kedisiplinan semua anggota, sehingga kasus Covid-19 ini bisa segera diatasi dan dikendalikan,” tandas politisi dari PKB itu. (saw/ono)