Muncul Awan Menyerupai Gelombang Tsunami di Aceh, Ada Apa?

21467

Aceh (WartaBromo.com) – Sebuah video awan berbentuk seperti gelombang tsunami viral di sosial media. Awan ini muncul di atas Kota Meulaboh, Aceh Barat.

“Mohon doanya Kota Meulaboh baik2 saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat,” cuit akun Arief Arbianto melalui Twitter, Senin (10/08/2020).

Sontak hal ini menggegerkan warganet. Sebab cuitan tersebut dibarengi dengan sebuah video berdurasi 29 detik yang memperlihatkan awan berbentuk layaknya gelombang tsunami.

Dalam video terlihat awan tersebut berbeda dengan awan lain. Terlihat seperti gelombang tsunami namun tak bergerak. Awan ini pun melingkupi kota di bawahnya, dan terlihat sedikit mendung.

Baca Juga :   RSUD Bangil Datangkan Alat Pemulasaraan Jenazah Covid hingga Para Tionghoa dan Usahanya Membangun Pendidikan Pertama di Pasuruan | Koran Online 3 Ags

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menjabarkan terkait fenomena alam ini. Awan tersebut bernama Arcus.

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan CB (Cumulonimbus),” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria dinukil dari CNN.

Awan Arcus ini bentuknya raksasa dan memiliki ketinggian cukup rendah. Awan tsunami ini kata Zakaria bisa menyebabkan hujan lebat, angin kencang, hujan es, puting beliung dan lain sebagainya.

“Awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit,” lanjutnya.

Baca Juga :   Bikin Kesal! Ini Motif Pria Asal Grati Hajar Tunangannya di Resto

Maka dari itu, BMKG meminta warga untuk berhati-hati jika ada fenomena awan arcus. Termasuk para nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu.

“Bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” tandasnya. (may/ono)