Mau Berwisata ke Bromo? Pengunjung Wajib Lakukan Ini

835

Probolinggo (WartaBromo.com) – Kawasan wisata Gunung Bromo kembali dibuka pada Jumat (28/08/2020). Pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan, untuk bisa menikmati panorama alam Bromo.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), John Kenedie mengatakan, pembukaan kawasan wisata ini telah mendapat rekomendasi dari 4 wilayah. Yakni Probolinggo, Lumajang, Malang dan Pasuruan. Tentunya sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat.

“Semuanya 100 persen full booking online. Jumlah itu di luar pendakian ke Gunung Semeru. Pendakian belum kita bicarakan,”  jelasnya.

Selain itu, pengunjung harus dalam kondisi sehat yang dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan sehat bebas ISPA dari dokter. Mereka yang akan berwisata juga berusia di atas 14 tahun, dan di bawah 60 tahun.

Saat masuk ke kawasan wisata, pengelola juga akan melakukan double pemeriksaan suhu tubuh. Jika diketahui pengunjung bersuhu 37,3 derajat Celcius, maka tak diperkenankan masuk ke kawasan wisata.

“Kami tetap berkoordinasi dengan satgas Covid-19 dan pemda setempat. Serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan peraturan yang berlaku,” lanjutnya.

Sebelum itu, pengunjung harus melakukan persiapan dari rumah. Di antaranya dengan membawa lalu menggunakan masker, dan sarung tangan. Kemudian selalu sedia hand sanitizer dan sabun cair untuk membersihkan tangan. Terakhir, membawa peralatan pribadi sendiri. Seperti alat makan, minum, alat ibadah dan lain sebagainya. (saw/may/ono)