Tips Nikah Hemat dan Berkesan Saat New Normal

1439

Pasuruan (Wartabromo.com) – Saat pandemi, kondisi finansial ikut terimbas. Pernikahan impianmu terkadang harus diatur, supaya bisa menyesuaikan kondisi finansial.

Pasangan calon pengantin dan keluarga dituntut untuk mengubah konsep pernikahan sesederhana mungkin dan meminimalisir kerumunan. Namun, di sisi lain, pasangan calon pengantin juga khawatir jika momentum bahagia itu tak berkesan.

Nah loh, gimana tuh? Tenang, gak usah bingung.

Dikutip dari CNN Indonesia, Fiqih Hadi, seorang event planner memberikan kiat nikah hemat namun tetap berkesan.

1. Cermat menentukan jumlah undangan

Saat masa sebelum pandemi, biasanya undangan yang hadir membludak dari target. Sementara saat new normal seperti sekarang, bisa jadi undangan yang hadir lebih sedikit dari perkiraan lantaran orang-orang menghindari kerumunan.

Menurut Fiqih, sebagai tuan rumah, ada baiknya menentukan jumlah undangan dengan cermat. Idealnya, undangan hanya disebar kepada keluarga calon pengantin dan juga teman terdekat.

Jadi, pesta pernikahan tetap berjalan sesuai keinginan dengan konsep intimate wedding. Meski demikian, protokol kesehatan harus tetap dijalankan selama acara berlangsung. Mulai dari pemakaian sarung tangan, masker hingga menjaga jarak.

2. Mampatkan agenda acara

Selain cermat dalam menentukan jumlah undangan, durasi acara juga tak boleh luput dari perhatian. Ya, durasi acara harus dioptimalkan.

Durasi yang optimal akan membuat acara lebih khidmat dan efektif. Biaya yang ditekan lantaran memampatkan agenda acara juga akan banyak membantu. Biaya resepsi, hingga katering bisa dikurangi.

3. Resepsi virtual

Konsep resepsi secara virtual juga perlu dicoba bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan di era new normal. Dengan begitu, calon pengantin tetap bisa mengundang banyak orang.

Resepsi virtual juga bisa menjadi pilihan bagi yang tidak dapat hadir secara langsung di lokasi. Tuan rumah hanya perlu menyiapkan fasilitas agar acara tetap berjalan khidmat meski hanya virtual.

4. Akad di KUA atau tempat ibadah

Satu hal yang tak kalah penting dari keseluruhan tips adalah menentukan tempat pelaksanaan akad nikah. Jika ingin lebih hemat, pasangan calon pengantin bisa melangsungkan akad nikah di KUA setempat.

Selain itu, tempat ibadah juga bisa menjadi pilihan lain. Hanya saja, protokol kesehatan sepeti jaga jarak dan memakai masker harus tetap dipatuhi.

Itu tadi tips hemat nikah di era new normal. Menikah bukan melulu tentang acara seremonial ya bolo. Pikirkan juga manajemen keuangan pasca menikah. Pastikan masih memiliki dana cadangan atau dana darurat untuk menjalani kehidupan pernikahan. (bel/may)