Kakeibo, Seni Mengelola Uang Ala Jepang

1291

Pasuruan (Wartabromo.com) – Mengelola keuangan terkadang ‘rumit’ bagi sebagian orang. Namun, bagi orang Jepang itu adalah perkara mudah lantaran mereka memiliki seni mengelola keuangan bernama kakeibo.

Apatuh kakeibo?

Mengutip CNN Indonesia, kakeibo merupakan jurnal penganggaran yang membantu ‘mengawasi’ pengeluaran bulanan. Sebagaimana jurnal penganggaran pada umumnya, kakeibo berfungsi untuk mencatat tujuan dan pengeluaran harian agar terkontrol.

Kakeibo dimulai dengan menetapkan anggaran bulanan. Setiap awal setiap bulan, pikirkan dengan baik apa yang dibutuhkan. Selain itu, tentukan pula berapa uang yang akan ditabung beserta langkah apa yang akan diambil untuk memenuhi target.

Para ahli bahkan mengklaim bahwa kakeibo membantu memotong pengeluaran hingga 25%. Hal itu dilandasi siklus bulanan kakeibo yang bergantung pada empat pertanyaan berikut:

Baca Juga :   Keuangan Keluarga Amburadul? Perbaiki dengan Cara Ini

1. Berapa penghasilan yang dimiliki setiap bulan?

Ya, penghasilan per bulan menjadi yang utama saat akan mengelola keuangan. Pasalnya, dari pertanyaan ini diketahui, pemasukan untuk tiap bulannya berapa.

2. Berapa banyak uang yang akan ditabung?

Ketika memutuskan untuk menabung, pastikan melakukan setiap bulan. Targetnya jangan terlalu tinggi, yang penting rutin.

3. Berapa yang akan dibelanjakan?

Pertanyaan ini merujuk pada pentingnya membuat daftar kategori pengeluaran. Kakeibo membagi kategori keuangan menjadi 4 bagian.

Keempat bagian itu meliputi kelangsungan hidup, termasuk biaya sewa rumah atau apa pun. Kemudian tagihan, dan makanan; budaya, berkaitan dengan hiburan seperti biaya TV kabel atau lainnya; opsional berisi tentang apa saja kebutuhan yang ingin dibeli tapi bukan kebutuhan; dan yang terakhir dana ekstra atau dana untuk kejadian tak terduga.

Baca Juga :   Kapan Sebaiknya Menyiapkan Dana Pendidikan Anak?

4. Bagaimana cara agar jumlah uang yang ditabung bertambah?

Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan perhatikan kembali daftar pengeluaran. Pada bagian manakah yang menghabiskan uang terlalu banyak. Kemudian, analisis setiap kategori dan lihat kategori apa yang bisa dipangkas.

Intinya, ketika ingin mengelola keuangan, pastikan untuk membedakan kebutuhan dan keinginan ya. Dengan begitu, kondisi keuanganmu akan sehat. (bel/may)