Hari Jadi Kabupaten Pasuruan di Tengah Pandemi, Ini Kegiatannya

3061

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tepat sepekan lagi, Kabupaten Pasuruan akan memperingati ulang tahunnya yang ke-1091. Yakni, pada 18 September mendatang.

Tidak seperti biasanya, perayaan Hari Jadi kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Maklum, pandemi Covid-19 yang belum berakhir menjadikan peringatan ulang tahun kabupaten dilaksanakan sekadarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) setempat, A. Saifuddin mengatakan, peringatan Hari Jadi tetap dilaksanakan.

Bedanya, jika sebelumnya peringatan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kini hanya ada dua acara. Yakni, istighosah akbar dan upacara.

“Untuk temanya, mewujudkan keluarga berdaya lawan Covid-19,” terang Saifuddin kepada WartaBromo.com, Jumat (11/09/2020).

Dijelaskan Saifuddin, kegiatan istighosah dilaksanakan pada malam tanggal 17 September. Karena masih dalam situasi pandemi, gelaran istighosah akan dilakukan secara virtual.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Rencanakan Belanja Masker "Hari Jadi" Senilai Rp 100 Juta

Jajaran kecamatan dan 365 desa serta kelurahan yang ada di kabupaten dijadwalkan ikut kegiatan ini.

“Setelah itu, dilanjutkan dengan upacara keesokan harinya. Tepat di tanggal 18 September,” jelas Saifuddin.

Hari Jadi Kabupaten Pasuruan diperingati setiap tanggal 18 September, sesuai Peraturan Daerah (Perda) no. 8 tahun 2007. Penetapan itu mengacu ada prasasti Cunggrang tertanggal 18 September 929 silam.

“Untuk upacaranya dilaksanakan di pendopo. Tetap dengan mematuhi protokol kesehatan, pesertanya juga terbatas,” pungkas Saifuddin. (trm/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.