Rp 35, 9 Miliar Digelontorkan untuk Normalisasi Kali Welang

828
LUMPUH TOTAL: Jalur Pantura Kraton, Pasuruan yang tergenang banjir hingga Selasa (14/05/2020). Banjir terjadi akibat luapan Kali Welang. FOTO: BPBD.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selain Kali Wrati, proyek normalisasi dalam rangka penanggulangan banjir juga dilaksanakan di Kali Welang.

Berdasarkan papan pengumuman yang ada di sekretariat proyek, total anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat mencapai Rp 35, 9 miliar.

Proyek tersebut dikerjakan oleh PT. Widya Karya dengan durasi kontrak selama 240 hari. Dimulai sejak dikeluarkannya SPMK pada 30 Juli 2020 silam.

Sejauh ini, sudah ada alat berat dan material kontruksi yang ditempatkan di sebalah barat sungai.

Proyek di bawah Dirjen Sumberdaya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas ini nantinya akan dilakukan dengan memperdalam Kali Welang yang memamg mengalami sedimentasi.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Tata Ruang Misbah Zunib mengatakan, normalisasi Kali Welang tersebut merupakan bagian dari Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Jatim.

Dimana, dalam Perpres itu, DAS Kali Welang dan Wrati masuk dalam perencanakan. Utamanya dengan penanggulangan banjir di wilayah setempat.

“Cuma untuk detailnya, ada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. Karena BBWS langsung yang menangani,” terang Misbah. (trm/asd)