Baterai Ponsel Tak Kunjung Penuh? Coba Cek Ini

933

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pengguna ponsel mungkin akan kesal jika kecepatan chargingnya melambat. Terlebih ketika baterai ponsel tak kunjung penuh.

Eits, gak usah khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.
Mau tau apa saja?

1. Cek kabel pengisi daya

Mengutip viva, ketika mengisi daya ponsel, pastikan untuk menggunakan adaptor dan kabel yang memang pasangannya. Pasalnya, menggunakan kabel yang bukan pasangan dari adaptor (kepala charger), akan membuat proses pengisian melambat. Selain itu, pastikan pula kabel tidak dalam keadaan tergulung atau tertekuk.

2. Adaptor

Setelah memeriksa kabel, pengguna ponsel juga harus memastikan kabel dan adaptor terhubung dengan benar. Apabila adaptor bermasalah, daya baterai juga akan sulit untuk bertambah.

Sekadar diketahui, tiap adaptor memiliki frekuensi serta kemampuan input/output yang berbeda. Jadi, jangan sembarangan mengganti adaptor bawaan dari produsen.

Kalaupun ingin mengganti adaptor atau kabel, pastikan ori dan setipe dengan yang sebelumnya.

3. Pastikan port pengisian daya bersih

Kebersihan port pengisian daya ternyata juga turut menentukan lancar tidaknya proses charging. Pasalnya, lubang pengisi daya pada ponsel memiliki peran penting dalam proses isi baterai ponsel.

Nah, kalau port terlihat kotor segera bersihkan menggunakan angin. Kalau ternyata menemukan masalah lanjutan pada port, maka perlu berkunjung pusat perbaikan ponsel.

4.Periksa stop kontak

Jika ketiga hal yang disebutkan sebelumnya tidak ada masalah, maka coba untuk cek stop kontak yang digunakan. Apabila ada masalah dengan stop kontak, matikan sirkuitnya terlebih dahulu.

5. Restart ponsel

Cara paling akhir untuk memperlancar proses pengisian daya yakni dengan restart ponsel. Pasalnya, software yang diperbarui mengonsumsi daya lebih banyak, terlebih jika ada bug.

Maka dari itu, perlu mematikan dan menyalakan ulang ponsel untuk memastikan fungsi ponsel berjalan dengan normal.

Selamat mencoba. (bel/ono)