Waspada Gejala-gejala Covid-19

1708

Menurut Dewi, berdasarkan penelitian dan analisa kasus Covid-19, risiko mengalami long Covid-19 meningkat seiring dengan meningkatnya usia, berat badan, dan jenis kelamin perempuan. “Bila mengalami lebih dari 5 gejala di awal minggu pertama sakit, maka berisiko 3,5 kali lipat nantinga akan mengalami long Covid-19, dan 44% kualitas hidupnya menurun,” jelasnya.

Dewi menjelaskan pada orang positif dengan gejala ringan yang tidak dirawat di rumah sakit, gejala dapat berlangsung lebih dari 4 minggu. “Pada orang positif yang dirawat di rumah sakit maka gejala dapat berlangsung lebih dari 8 minggu,” terangnya.

Dewi juga menerangkan gejala-gejala yang dialami biasanya berupa gangguan saluran pernapasan, gangguan jantung, nyeri dada, cemas, anosmia (tidak bisa membau/merasa), mual, diare, pusing, atau kulit kemerahan. “Lebih dari 50% gejala dirasakan saat malam hari (5 sore-9 malam). Gejala anosmia lebih banyak ditemukan pada penderita yang swab PCR-nya positif,” jelasnya.

Baca Juga :   Dua Hari ini, 5 Orang Masuk Daftar Pasien Positif Covid-19 di Lumajang

Dewi menambahkan para long Covid-19 takut berobat karena malu, takut dianggap pembawa virus di tempat kerja, sering membuat penderita mengalami stres. Sehingga karena stigma tersebut gejalanya sering subyektif, kemungkinan juga berhubungan dengan psikis penderita.

“Pencegahan jelas lebih baik daripada pengobatan. Lebih baik jangan sampai terinfeksi, karena kita tidak tahu sampai kapan gejala tersebut bertahan di tubuh jika kita terinfeksi. Oleh karena itu, disiplin protokol kesehatan tetap vaksin terbaik saat ini. Salam sehat selalu,” pungkasnya.

————————————–

Penulis : SONY WAHYU WIRAWAN
Instansi : Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
Daerah : Kabupaten Probolinggo