HUT ke-49 Korpri, Pemkab Probolinggo Berikan Beragam Penghargaan dan Gelar Aneka Lomba

620

Probolinggo (wartabromo.com) – Aneka lomba dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam memperingati HUT ke-49 Korpri pada Senin, 30 November 2020. Salah satunya senam sehat yang dilaksanakan secara virtual.

Penghargaan kepada pemenang lomba dan inovasi program diberikan dalam upacara gabungan di halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) Dringu dengan protokol kesehatan (Prokes).

Upacara kali ini sekaligus memperingati HUT ke-49 Korpri, HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional, serta Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56.

“Saya mengajak kepada setiap anggota Korpri di Kabupaten Probolinggo untuk meningkatkan tiga hal. Pertama, peningkatan kinerja pelayanan publik, meningkatkan semangat profesionalitas aparatur sipil negara, memantapkan fungsi organisasi Korpri sebagai perekat dan pemersatu bangsa, dan memantapkan netralitas,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam upacara pula, Sekda Kabupaten Probolinggo mengajak seluruh pegawai meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan di sekitar. Termasuk juga meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Pesan disampaikan untuk mengingat pandemi covid 19 masih berlangsung dan belum diketahui kapan akan berakhir.

Sekda kemudian ungkapkan kewajiban setiap anggota Korpri di Kabupaten Probolinggo untuk menjadi teladan dalam ikhtiar pencegahan pengendalian penanganan Covid-19.

“Memakai masker dan menjaga jarak sebagai implementasi protokol kesehatan setiap aktivitas di kantor, di luar kantor, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Setiap anggota Korpri harus hadir di tengah masyarakat untuk menjadi patung sehat menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat,” sebutnya.

Untuk informasi dalam Lomba Senam Sehat Virtual, juara pertama diraih Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), juara 2 adalah Dinas Pengamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), sedangkan juara 3 yakni Kecamatan Tongas.

Sedangkan juara harapan 1 diraih Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), harapan 2 Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM), selanjutnya Inspektorat menjadi juara favorit.

Ngrumpi Sehat Berkarya Bersama Saudaraku dari Puskemas Tongas dinobatkan sebagai juara 1 dalam katagori Lomba Inovasi Daerah Puskesmas. Juara 2 yakni Dinda Wouw dari Puskemas Tegal Siwalan dan Jempol Mancep Layanan Cepet dari Puskesmas Sumberasih sebagai juara ketiga.

Pada kategori Inovasi Perangkat Daerah, Dinas Pendidikan dengan layanan Bela Sang Raja Pembelajaran Kelas Rangkap, Masyarakat Sejahtera menjadi juara 1. Kemudian ada Lapor Minta Kawin dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Disnakkeswan) sebagai juara 2.

Kemudian Pelayanan Izin SOS DPMPTSP menjadi jawara ketiga. Harapan 1 oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan Penyusunan E-SKP dan Gunting Emas (Guru PAUD Peduli Stunting Bersama Masyarakat) dari Dinas Pendidikan menjadi juara harapan 2.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada pegawai yang sudah purna tugas. Mereka adalah Ramiadi, mantan Camat Wonomerto; dan Santoso, mantan Kabag Hukum. Apresiasi juga diberikan kepada Lestari Rahayu (Bu Yayuk), guru honorer SMP Satap 5 Sumber.

“Bukan mencari untuk menang-menangan, tapi adalah bagaimana kita untuk dapat mewujudkan kebersamaan dan kekompakan. Yang paling penting dan yang tidak kalah pentingnya, tujuannya adalah dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada seluruh pegawai,” tandas Sekda Soeparwiyono. (saw/**)