Bosan Minum Susu Itu-itu Aja? Cobain Susu Kurma

518

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Susu kurma sempat populer beberapa waktu lalu. Rasa legit alami kurma menjadikan susu ini unik dan dicari.

Mengutip detik, susu kurma merupakan racikan minuman yang terbuat dari susu sapi dan kurma segar yang dihaluskan. Rasanya legit dengan aroma kurma yang khas membuat minuman ini populer dinikmati.

Sebagaimana diketahui, susu merupakan sumber makanan kaya nutrisi. Ada lemak, protein, dan sejumlah vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Itulah mengapa susu dianjurkan untuk dikonsumsi rutin oleh anak-anak hingga orang dewasa, lantaran kandungan nutrisinya sangat lengkap.

Sekadar diketahui, setiap 1 gelas susu fullcream (245 gram), mengandung 125 kalori, lemak 4.7 gram, kolesterol 20 miligram, sodium 127 miligram, potassium 397 miligram, karbohidrat 12 gra, vitamin A, C, klasium, dan zat besi.

Sementara kurma, mengandung vitamin A, B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, hingga magnesium. Dalam satu butir kurma Medjool dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram, dengan serat 2 gram, dan gula 16 gram.

Sehingga, perpaduan kedua bahan tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, tulang, melancarkan sistem pencernaan, serta memperbanyak produksi ASI.

Maka dari itu, tak ada salahnya mencoba susu kurma sebagai pengganti susu biasa. Terutama bagi yang bosan dengan susu gitu-gitu aja, susu kurma mungkin bisa jadi pilihan.
Mau tahu resepnya?

Bahan yang perlu disiapkan, mulai dari 500 ml susu UHT, 6 buah kurma medjool atau 8 buah kurma ukuran kecil. Usahakan memilih kurma yang rasanya legit.

Apabila bahan sudah tersedia, siapkan blender. Haluskan kurma yang telah dipisahkan dari bijinya, susu, dan es batu. Blender semua bahan sampai halus.

Setelah halus, tuangkan campuran susu dan kurma ke dalam gelas. Susu kurma pun siap dinikmati. Resep ini bisa untuk 2 gelas lho.

Selain susu UHT, yoghurt juga bisa ditambahkan ke dalam campuran, menggantikan setengah dari takaran susu yang dianjurkan. Cukup tambahkan madu untuk menambah rasa manis. (bel/ono)