Begini Khasiat Vaksin Covid-19 Menurut Ahli

774

Jakarta (WartaBromo.com) – Sebanyak 1,2 juta vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) telah tiba di Indonesia. Vaksin diharapkan bisa memberi kekebalan tubuh warga terhadap Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Ahli Virus, Prof. Dr dr Nasronudin SpPD K-PTI FINASIM. Suntikan vaksin ini dapat mencegah virus corona menyerang tubuh.

“Vaksin itu tujuannya memberikan kekebalan pada individu yang mendapatkan vaksin. Suntikan vaksin itu diharapkan akan menginduksi atau merangsang sel tubuh manusia. Terutama sel B untuk memproduksi imunoglobulin. Sehingga individu memiliki kekebalan pada SARS-CoV-2,”jelas Dirut RS Unair dilansir dari detik beberapa waktu lalu.

Jika seandainya Covid-19 menyerang, bisa dibentengi dengan kekebalan tubuh. Meski misalnya sudah terinfeksi pun, efeknya ringan.

Baca Juga :   Putra KH Hasyim Muzadi Meninggal Laka di Tol, hingga Tragedi Berdarah di Pilkades Kunir Kidul | Koran Online 19 Des

Saat ini vaksin yang sudah datang akan dilakukan evaluasi terhadap data uji klinik. Proses ini untuk membuktikan khasiat vaksin, sekaligus keamanannya.

“Proses evaluasi yang dijalankan Badan POM sesuai dengan standar yang merujuk kepada standar Internasional seperti WHO, US FDA dan EMA,” jelas Kepala BPOM, Penny K. Lukito dalam keterangan resminya.

Ditambahkan kemudian, vaksin saat ini sudah disimpan di Bio Farma. BPOM pun telah mengambil sampel untuk menguji mutu di laboratorium, dan penerbatan lot release. (may/ono)