Duh! Listrik di Probolinggo byar-pet, Siswa Ujian Terganggu

915
Ilustrasi listrik padam.

 

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo kerap mengalami pemadaman listrik. Hal itu pun, berdampak pada siswa yang tengah menjalani ujian maupun proses belajar secara daring.

Informasi yang dihimpun, pemadaman terjadi di beberapa lokasi. Antara lain di Desa Kedungdalem dan Pabean, Kecamatan Dringu. Sebagian wilayah Kelurahan Jati dan Kanigaran juga terdampak.

“Dua anak saya sekarang ini sedang ujian online. Telepon saya, teriak-teriak: papa listrik padam, gabisa ujian,” kata salah satu wali murid, Yusron menirukan suara anaknya, Selasa (8/12/2020).

Hal senada juga disampaikan Mamad, warga Kelurahan Jati. “Saat ini anak saya juga ujian online, wifi mati, pakai sambungan selular lemot, listrik juga padam,” keluhnya.

Pemadaman listrik juga kerap dialami Teguh Bagus, warga Desa Pabean. Teguh mengungkapkan, pemadaman sangat sering dialami, bahkan dalam sehari sampai dua kali. Hal itupun berdampak pada proses belajar putrinya yang tengah menjalani kuliah kedokteran di Unisma Malang.

“Anak saya kuliah online-nya ketat. Jadi harus mengikuti terus. Jika padam, terpaksa saya ajak ke kantor. Agar bisa tetap kuliah online,” ujarnya.

Pihaknya sangat menyayangkan terhadap seringnya pemadaman listrik itu. Tahun ini pula, menjadi yang paling sering terjadi pemadaman listrik. “Kami berharap ada perbaikan, sehingga tidak sering padam seperti ini. Sekarang pun juga padam, sejak pukul 09.00 WIB tadi,” imbuh Teguh.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Supervisor Pelayanan Pelanggan PLN Probolinggo, Benny Setyawan mengatakan, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan publik. Namun karena banyaknya jaringan yang bersinggungan dengan pepohonan, membuat gangguan kerap muncul tanpa bisa diprediksi.

“Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, setiap hari kami gelar pasukan, untuk menyisir lokasi yang rawan gangguan jaringan. Karena lokasi gangguannya juga meluas. Bahkan sampai gabung dengan tim dari luar kota,” katanya.

Faktor cuaca, disebutnya menjadi penyebab utama gangguan yang terjadi. Terutama di sekitar Dringu dan Pilang, yang kerap mengalami gangguan. Pohon rapuh, ataupun ranting yang menyentuh kabel listrik, acapkali membuat jaringan terganggu.

“Kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Namun karena ini gangguan tidak bisa diprediksi, kami akan tetap bekerja semaksimal mungkin mengatasinya. Apalagi saat ini sedang ada ujian daring,” tutup Benny. (lai/saw)