Tak Disadari, Gejala Ini Ternyata Pertanda Tumor Otak

7739

Pasuruan (Wartabromo.com) – Sakit kepala, kelelahan, atau suasana hati mudah berubah mungkin sering dianggap biasa. Siapa sangka, deretan kondisi tersebut ternyata merupakan gejala tumor otak.

Menurut ahli neuro-onkologi, Manmeet Ahluwalia, tumor otak dapat hadir dengan banyak tanda dan gejala berbeda, tergantung di bagian otak mana tumor itu berada. Apa saja gejala umum yang menjadk tanda ada tumor otak?

1. Sakit kepala

Sakit kepala biasa mungkin tidak mengindikasikan apa-apa. Tapi, ketika sakit kepala parah, nyeri terus menerus terutama pagi hari, dan bukan migrain bisa jadi merupakan gejala adanya tumor otak. Biasanya, gejala tersebut dibarengi muntah dan semakin memburuk saat sedang berolahraga atau batuk.

Baca Juga :   Kluster Pendidikan Meningkat, Sejumlah Sekolah di Kota Probolinggo Lockdown

Mengutip detik, hal itu terjadi lantaran tumor di otak dapat menekan saraf dan pembuluh darah yang sensitif. Inilah yang menyebabkan sakit kepala baru atau perubahan dari sakit kepala biasanya.

2. Kejang

Keberadaan tumor otak dapat menekan sel saraf otak dan mengganggu sinyal kerja otak. Para penderitanya paling tidak akan mengalami satu kali kejang.

3. Suasana hati yang berubah-ubah

Fungsi otak yang terganggu akibat tumor otak, akan mempengaruhi kepribadian. Perubahan suasana hati sangat cepat dan sulit dijelaskan.

4. Kehilangan memori

Tumor yang bersarang di lobus frontal atau temporal akan mempengaruhi fungsi memori otak serta penalaran. Imbasnya, penderita memiliki gangguan memori jangka pendek. Mereka akan sulit konsentrasi atau merencanakan sesuatu, juga akan sering bingung.

Baca Juga :   Stok Plasma Konvalesen di Lumajang Menipis, Penyintas Covid-19 Donor Yuk!

5. Kelelahan

Rasa lelah berlebihan, badan terasa berat, sering tidur meski telah istirahat cukup, juga merupakan gejala tumor otak. Penderita akan hilang fokus, kurang bersemangat dan mudah tersinggung.

6. Depresi

Gejala satu ini umum dialami penderita tumor otak. Sedih terlalu lama, kehilangan minat terhadap apa yang digemari, sulit tidur juga sering berpikir menyakiti diri sendiri akan dirasakan penderita. (bel/may)