Banjir Kembali Datang, Satu Rumah Ambruk Timpa Pemilik 

973
Rumah Siana di Dusun Sekarputih, Mulyorejo, Kecamatan Kraton yang ambruk usai diguyur hujan deras disertai angin kencang, Sabtu (12/12/2020). Foto: Istimewa.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejumlah wilayah di Kabulaten Pasuruan terendam banjir pada Sabtu (12/12/2020), akibat hujan yang mengguyur sejak siang sampai malam.

Beberapa wilayah yang terendam di antaranya, Kecamatan Winongan, Kecamatan Kraton, Kecamatan Pohjentrek dan Kecamatan Bangil.

Menurut keterangan dari BPBD Kabupaten Pasuruan, tiga desa di Kecamatan Winongan yang sempat terendam banjir di antaranya, Desa Bandaran, Desa Winongan Kidul, Desa Prodo.

Di Kecamatan Kraton, banjir melanda satu desa, yakni Desa Tambakrejo. Begitu juga dengan Kecamatan Pohjentrek, banjir terjadi di Desa Sukorejo.

Banjir yang melanda Winongan, Sabtu (12/12/2020). Foto: Istimewa.

Tectona Jati, Kepala BPBD setempat menyebut di Desa Masangan, Kecamatan Bangil juga sempat terendam banjir. Namun mulai surut sekitar pukul 22.00. Sementara itu, rata-rata ketinggian banjir di beberapa wilayah mencapai 40-70 sentimeter.

“Di Kecamatan Winongan, Desa Bandaran ketinggian air 40 sampai 50 sentimeter, Desa Winongan Kidul dan Desa Prodo Dusun Jetis ketinggian ketinggian air sekitar 50 sampai 60,” kata Tecto saat dihubungi WartaBromo, Sabtu (12/12/2020) malam.

Tak hanya banjir. Hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan sebuah rumah di Dusun Sekarputih, Desa Mulyorejo, Kecamatan Kraton ambruk.

Meski tak ada korban jiwa, namun insiden yang terjadi sekitar pukul 15.00, menyebabkan Siana (60) pemilik rumah terluka.

“Siana mengalami luka-luka akibat rumahnya yang roboh diterjang hujan disertai angin kencang,” imbuh Tecto.

Aparat desa beserta warga lantas membawa Siana ke bidan setempat untuk mendapatkan perawatan pertama. Hingga laporan ini ditulis, pihak BPBD masih melakukan penyisiran daerah-daerah terdampak. (oel/asd)