Hilangkan Lumut Membandel dengan Cara Ini

6161

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Musim hujan tiba, lumut-lumut mulai bermunculan di permukaan lembap. Alhasil, tempat yang ditumbuhi lumut pun tampak kotor dan tidak enak dipandang.

Selang, dinding, hingga lantai biasanya menjadi langganan tempat lumut bersarang. Mengutip kompas, setiap permukaan tersebut memiliki cara tersendiri untuk membersihkan.

Yuk simak bagaimana caranya.

Pertama, kerikil dan batu bata yang dihaluskan. Kedua bahan ini biasanya digunakan untuk membersihkan bagian dalam selang yang berlumut.

Caranya, masukkan kerikil dan batu bata yang sudah dihancurkan hingga halus ke dalam selang. Kemudian sambungkan ke kran air agar dialiri air. Nah, air tersebut akan mendorong keluar kerikil dan batu bata bersama lumut. Untuk hasil maksimal, ulangi sampai lumut benar-benar hilang.

Kedua, batu bata merah. Batu bata merah biasa digunakan untuk membersihkan dinding dan lantai berlumut. Hanya dengan menggosokkan batu bata merah ke permukaan lumut dan membilasnya menggunakan air, lumut akan hilang.

Ketiga, air aki. Selain batu bata merah, lantai maupun dinding berlumut bisa juga disiram dengan air aki dan diamkan selama satu malam. Pastikan tidak ada aktivitas di lantai yang sedang diberi air aki. Nah, setelah satu malam, lumut pada lantai akan terlepas dan tinggal disikat sampai bersih.

Keempat, bubuk kaporit. Dinding dan lantai berlumut akan bersih kembali setelah diberi kaporit. Cukup taburkan bubuk kaporit ke dinding atau lantai berlumut. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai muncul buih pada permukaan lantai. Kalau buih sudah muncul, artinya lumut sudah terangkat. Barulah kemudian disiram menggunakan air bersih dan gosok dengan sabun.

Kelima, pemutih pakaian. Siapkan pemutih pakaian dan air dengan perbandingan 1:4. Aduk hingga merata, lalu siramkan ke tempat berlumut dan sikat sampai bersih. Terakhir, bilas menggunakan air putih. (bel/ono)