Di Masa Depan, Profesi Ini Terancam Tergantikan oleh Robot

904

Pasuruan (WartaBromo.com) –¬†Semakin sibuk manusia, canggihnya teknologi turut dibutuhkan. Namun tak hanya untuk memudahkan pekerjaan manusia, teknologi ini bisa juga menggantikan pekerjaan manusia lho!

Adanya Roborock atau robot yang bisa menyapu lantai rumah otomatis, menjadi perwujudan bahwa tenaga manusia kini bisa digantikan robot.

Dinukil dari beberapa sumber, ternyata di masa depan ada sejumlah pekerjaan yang diduga bisa dihapus karena sudah bisa dikerjakan oleh robot. Apa saja? Simak, yuk!

1. Pramusaji Restoran

Sebagaimana diketahui dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, beberapa negara sudah mengembangkan perangkat keras yang bisa melayani pelanggan di restoran. Kehadiran teknologi robot tersebut nantinya akan menghapuskan pekerjaan sebagai pramusaji restoran.

2. Tukang Pos

Para tukang pos maupun petugas antar, baiknya bersiap untuk pindah posisi pekerjaan. Mengapa? Pasalnya mulai saat ini sudah ada e-Mail yang memudahkan pengiriman surel secara elektronik. Sehingga kelak pekerjaan sebagai Tukang Pos bisa saja digantikan robot.

3. Kasir Toko

Pernah belanja online? Disadari atau tidak, adanya fitur untuk memudahkan pembeli untuk membayar pesanan sendiri merupakan salah satu teknologi robot kasir. Tentu saja, hal tersebut membuat pekerjaan sebagai kasir toko tidak lagi dibutuhkan.

4. Teller Bank

Manusia yang ditugaskan disebuah meja teller perbankan, tidak lama lagi akan digantikan oleh robot. Sehingga, semua transaksi rekening masuk maupun keluar secara otomatis dikerjakan secara mandiri dan lebih akurat. Hal ini sudah terbukti dengan adanya mesin untuk setor tunai uang.

5. Staf Pengajar

Staf pengajar sejak dahulu bergantung pada teknologi konvesional tatap muka. Namun demikian, gempuran teknologi saat ini memunculkan robot virtual. Di masa depan, kehadiran staf pengajar tidak lagi dibutuhkan. Nantinya, pengajar hanya akan diminta untuk menyediakan materi dari rumah dan robot yang menampilkan di depan peserta didik.

Bahkan, tahun ini teknologi belajar mengajar tanpa bertatap muka mulai banyak bermunculan dan digunakan. Tidak menutup kemungkinan, seiring berjalannya waktu teknologi robot terus dikembangkan. Sehingga bisa menggantikan lebih banyak pekerjaan. (trj/may)