Deretan Kabar Baik di 2020, Kamu Ikut Kecipratan?

880

Pasuruan (WartaBromo.com) – Berbagai kabar baik meyertai perjalanan tahun 2020. Mulai banyaknya bantuan hingga berbagai fasilitas gratis.

Berikut deretan berita baik versi redaksi WartaBromo:

1. Bantuan pemerintah

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah berputar otak supaya ekonomi tetap berjalan. Salah satunya dengan menggelontorkan sejumlah bantuan.

Di antaranya bantuan UMKM Rp 2,4 juta; subsidi pekerja 2,4 juta; bantuan benih untuk petani hingga program prakerja.

Tak hanya itu, di sisi pendidikan juga ada berbagai bantuan. Seperti kuota internet bagi pelajar dan pengajar, hingga internet gratis dari operator selular.

2. Nadiem Permudah Pencairan Gaji Honorer dengan Dana BOS

Angin segar datang kepada guru honorer. Selama pandemi Covid-19, Menteri Pendidikan mudahkan pencairan dana BOS untuk guru honorer.

Baca Juga :   Warmo Rewind 2018 : Setiyono Menuju Senjakala

Mudahnya pencairan ini tertuang dalam Permendikbud No 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Pemendikbud No 8 Tahun 2020.
Disebutkan, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang sedianya sebagai syarat penerimaan gaji honorer, dihapus sementara.

“Sekarang kita ubah selama masa darurat Covid-19, dilepas ketentuan harus memiliki NUPTK. Tapi guru honorer yang bisa menerima gaji dari dana BOS tetap harus tercatat di dapodik per Desember 2019,” jelas Nadiem Makarim, Mendikbud dalam keterangan resminya.

3. Vaksin Covid-19 Gratis

Presiden Joko Widodo menggratiskan vaksin Covid-19. Biaya vaksinasi akan dibebankan kepada negara, dari anggaran 2021.

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan setelah melakukan kalkulasi ulang, penghitungan ulang melalui keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” tegas Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga :   Alhamdulillah, Satu Pasien Positif Covid-19 di Lumajang Dinyatakan Sembuh

4. Tahun Depan Madin Digelontor Hibah Rp 12 Miliar

Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan, tahun depan akan mendapatkan dana hibah sebesar Rp. 12 miliar.

Kabar menggembirakan ini diketahui dari jawaban Bupati Pasuruan Atas Pandangan fraksi-fraksi terhadap Raperda APBD 2021, Senin siang (23/11/2020).

Dalam paripurna ketiga pembahasan Rapeda APBD 2021, Bupati Pasuruan, H.M. Irsyad Yusuf menguraikan terkait penerima hibah dan bantuan sosial pada tahun 2021. Pemda akan memberikan bantuan pembiayaan untuk Madin sebesar Rp. 12 miliar.

5. SPP Siswa SMA/SMK Negeri di Jatim Gratis

Gubernur Jawa Timur tegaskan SPP untuk siswa SMA/SMK Negeri di Jawa Timur gratis. Ia kemudian meminta warga melaporkan sekolah yang melakukan pungutan wajib ke Dinas Pendidikan masing-masing wilayah.

Baca Juga :   Jangan Lupa ya.. Ini Jadwal Libur Akhir dan Awal Tahun

“Saya ingin menegaskan bahwa SPP bagi siswa SMA/SMK Negeri di seluruh penjuru Jawa Timur gratis. Sementara untuk swasta, akan diberikan subsidi secara proporsional. Semua ditanggung oleh APBD Provinsi  Jawa Timur,” jelas Khofifah melalui akun sosial media resminya.