Bansos Tak Boleh Digunakan Beli Rokok, Risma Bakal Pantau

2346

Jakarta (WartaBromo.com) – Bantuan sosial dari pemerintah bakal cair mulai 4 Januari 2021 mendatang. Pemerintah mewanti-wanti warga tak menggunakan bansos untuk membeli rokok.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pencairan bansos. Rencananya, bansos sudah disalurkan mulai 4 Januari 2021, dengan target penyaluran selama satu minggu di seluruh Indonesia.

“Tidak ada lagi untuk pembelian rokok, dan kami akan pantau,” jelas Risma dalam keterangan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12/2020).

Risma menambahkan, warga harus menggunakan bansos untuk kebutuhan makan sehari-hari. Pemerintah segera mengeluarkan tools untuk memantau pemakaian bansos ini.

“Insya Allah pada bulan Februari ini akan ada tools untuk mengetahui uang itu akan dibelanjakan untuk apa saja,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pabrik Rokok Apache Kembali Lorot Ratusan Pekerja hingga Mayat Mr X Ditemukan dengan Luka Tusukan di Beji | Koran Online 24 Maret

Sekadar diketahui, penerima bansos tahun depan yakni 18,8 juta warga. Data ini sekarang masih digodok didaerah, sebelum kemudian dikembalikan ke pusat pada 1 Januari 2021.

Risma mengaku pihaknya tak ada libur saat Tahun Baru ini. Percepatan penyaluran bansos supaya terdapat perputaran ekonomi saat pandemi.

“Karena itu, sekali lagi, jangan sampai penerima bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah (kesehatan) karena digunakan untuk rokok,” tandasnya. (may/ono)