Tiga Ribu Nakes di Kabupaten Probolinggo Bakal Divaksin

730

Probolinggo (wartabromo.com) – Sekitar tiga ribu tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Probolinggo bakal divaksin. Kelompok pertama ini, bakal divaksin pada pekan mendatang.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mencatat ada 3.626 nakes yang akan divaksin. Meliputi dokter, bidan, perawat dan pegawai non medis. Baik yang bekerja di Dinas Kesehatan, rumah sakit, Puskesmas di Kabupaten Probolinggo. Kelompok ini, merupakan kelompok pertama yang akan disuntik vaksin.

“Vaksinisasi rencananya serentak pada Kamis depan, tetapi bisa maju atau mundur. Proses vaksinasinya nanti, nantinya akan disuntik sampai dua kali,” terang Juru Bicara (Jubir) Kepala Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica pada Senin, 4 Januari 2020.

Baca Juga :   Warga Boto Ramai ramai Bikin Patung Tolak Bala Depan Rumahnya

Kelompok kedua yang direncanakan mendapat vaksin adalah petugas layanan publik. Golongan ini meliputi anggota TNI/Polri dan beberapa instansi yang terlibat kontak langsung dengan masyarakat. Jumlahnya mencapai 1. 652 orang.

Kelompok ketiga, yakni menyasar kelompok rentan. Dengan kategori warga yang berumur 18 tahun sampai 59 tahun. Kelompok rentan ini masih dalam tahap pendataan.

“Data nakes sudah kami selesaikan sejak beberapa hari sebelumnya. Sementara kelompok lain masih berproses,” sebutnya.

Data penerima vaksin yang terakumulasi saat ini, menurut dr. Viro, kemungkinan akan bertambah. Saat ini, vaksin Covid-19 yang dikirim oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah sampai di Kabupaten Probolinggo. (cho/saw)