Uangmu Rusak Dimakan Rayap? Bisa Diganti Asal Penuhi Aturan Ini….

2656

Lumajang (WartaBromo.com) – Sebuah video memperlihatkan uang total Rp15 juta dimakan rayap viral di sosial media. Bank Indonesia menyebut uang tersebut bisa ditukar dengan beberapa ketentuan.

Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono. Ia meminta pemilik uang datang ke kantor cabang terdekat untuk menukar uang.

“Bisa (diganti), kami sudah ada aturannya, jadi yang bersangkutan silahkan datang ke kantor perwakilan BI, kami ada kantor di Sulawesi Tenggara. Pada prinsipnya bisa diganti,” katanya dilansir dari CNN.

BI sendiri memiliki ketentuan penggantian uang yang rusak. Hal ini tercantum dalam PBI No.21/10/PBI/2019 tentang Pengelolaan Uang Rupiah.

“Jadi, pertama, kami pastikan berapa jumlah yang diganti. Kalau melihat dari videonya sudah cerai berai, jadi nanti kami akan rekonstruksi, paling tidak atau minimal dua pertiga fisik uang itu bisa dikenali itu bisa diganti,” lanjut Erwin.

Baca Juga :   Sebelum Ditunjuk Jokowi, Gus Yaqut Pernah Diprediksi Game Facebook Jadi Menteri Agama 2021

Baca juga: Hiks… Uang Total Rp15 juta ini Rusak Dimakan Rayap

BI akan mengganti sebesar nominal uang, jika syarat tersebut terpenuhi. Tak hanya itu, keaslian juga akan dicek. Seperti nomor seri pada pecahan kertas tersebut.

“Uang itu akan direkonstruksi per lembarnya, jika mencapai dua pertiganya maka dilihat ciri-cirinya apakah itu uang rupiah asli,” tutupnya.

Seperti diketahui, sebuah video Tiktok viral memperlihatkan warganet yang uangnya rusak dimakan rayap. Uang tersebut telah disimpan selama 3 tahun di bawah kasur. (may/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.