Pesan Terakhir Pilot Sriwijaya Air yang Jatuh Bikin Haru

9098
Kapten Afwan, yang kerap mengenakan kopiah putih saat menerbangkan pesawat. Foto: @jokibandit.

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Kapten Afwan penerbang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) tinggalkan pesan penting sebelum penerbangan. Ia berpesan kepada dirinya dan orang di sekitarnya untuk melaksanakan shalat lima waktu.

Dikutip dari Inews, salah satu warganet di Twitter, membagikan tangkapan layar status terakhir yang dibuat oleh Kapten Afwan menjelang penerbangan. Terlihat, ia terakhir melihat akun WA pukul 13.46.

Dalam unggahan tersebut, Kapten Afwan mengingatkan pentingnya melaksanakan shalat wajib. Hal ini semakin meneguhkan Kapten Afwan merupakan pribadi yang alim.

“Setinggi apa pun aku terbang tidak akan mencapai surga bila tidak salat lima waktu. Begitu bunyi status Capt Afwan pilot #SJ182 sebelum terbang. Al-fatihah,” tulisnya, seperti dilansir dari Inews.

Kesan ahli ibadah juga disampaikan oleh Ketua RT tempat Kapten Afwan bermukim di lingkungan Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE), Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Agus Pramudibyo Ketua RT setempat mengenal Kapten Afwan sebagai pribadi yang alim sekaligus santun.

“Baik orangnya, santun, rajin sholat. Kalau libur pasti selalu ke masjid,” kenang Agus, seperti dilansir dari Antaranews, Sabtu (9/1/2021) malam.

Bahkan, kata Agus, Kapten Afwan sempat menjadi Bendahara masjid setempat. Tidak hanya itu, ketika menjadi Ketua RT setempat, Kapten Afwan kerapkali memberi tausiah dalam kegiatan keagamaan di lingkungannya.

“Beliau sering mengisi tausiah di arisan RT, ataupun kalau ada kegiatan di lingkungan perumahan sini,” imbuh Agus.

Seperti diketahui sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute penerbangan Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu sore. Hingga kini, sejumlah personel gabungan dari Basarnas, TNI-Polri dan pihak lain tengah membantu upaya pencarian pesawat tersebut. (oel/asd)