Cara Cepat Cek Kabar Hoaks Covid-19, Simak ya..

447

Jakarta (WartaBromo.com) – Kabar hoaks soal Covid-19 semakin tak terkendali. Pemerintah kemudian membuat link khusus untuk cek hoaks soal virus ini.

Dalam catatan Kementerian Kominfo, sejak 23 Januari hingga 18 Oktober terdapat 2.020 konten hoaks seputar COVID-19 di media sosial. Kabar ini semakin tak terkendali setelah pemerintah memiliki program vaksinasi Covid-19.

Pemerintah kemudian mengajak warga untuk melakukan cek mandiri terkait kabar seputar Covid-19.

“Kalau disuatu grup ada yang bertanya atau sebar hoaks, mohon dapat dianjurkan untuk melakukam debugging mandiri dengan mengikuti cara ini,” kata dr Reisa Broto Asmoro melalui akun Instagramnya.

Caranya mudah bolo! Jika ada sebuah informasi yang tidak jelas sumbernya, maka bolo warmo bisa mengikuti langkah ini:

Pertama, buka situs http://s.id/infovaksin. Di sana kemudian bolo warmo bisa menemukan beragam menu terkait Covid-19. Mulai dari cek pemberitaan vaksinasi hingga panduan soal vaksin.

Kedua, bolo warmo klik menu Cek & Buktikan Hoaks. Pada menu ini, bolo Warmo akan disajikan beberapa pemberitaan hoaks yang sudah diluruskan oleh Kominfo.

Selain itu, bolo warmo bisa membuktikan sebuah kabar dengan menuliskan kata kunci pada kolom yang disediakan. Setelahnya, situs akan menampilkan beberapa berita yang sesuai dengan kata kunci pencarian. Apakah berita tersebut disinformasi dan hoaks.

Ketiga, bolo warmo bisa membuktikan kebenaran kabar dengan Whatsapp search. Pemerintah menyediakan kontak Whatsapp untuk membantu membuktikan kebenaran kabar vaksin Covid-19 itu.

Cukup ketik kata kunci atau forward teks yang akan diperiksa kebenarannya pada kontak ini. Setelah itu nanti akan mendapatkan balasan sesuai dengan fakta yang ada.

Mudah bukan bolo?

(may/ono)