Warga Lumajang Jangan Resah Lagi, Pemkab Segera Pasang CCTV di Titik Rawan Kriminalitas

644

Lumajang (WartaBromo.com) – Rencana pemasangan CCTV dibeberapa titik rawan kriminalitas di Kabupaten Lumajang segera direalisasikan. Hal ini menyusul maraknya tindak kriminalitas yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat.

Dalam rapat yang dilakukan secara terbatas oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang dan sejumlah Kepala OPD, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan penekanan angka kriminalitas saat ini harus menjadi prioritas.

“Sekarang kriminalitasnya dulu yang diprioritaskan, apalagi di titik yang rawan kriminal,” tegasnya, Selasa (26/1/2021)

Tidak hanya di titik rawan kriminilitas, pemasangan CCTV juga direncanakan akan dipasang di seluruh wilayah desa di Kabupaten Lumajang. Bupati meminta agar nantinya semua CCTV yang dimiliki dapat terintegrasi satu sama lain.

Dari laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang masih memiliki 75 CCTV. Kamera pengintai ini tersebar di 28 titik untuk pengawasan lalu lintas, dan 371 CCTV di kawasan perkantoran dan titik pelayanan publik.

Mendukung hal tersebut, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno menyampaikan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan jajaran terkait untuk melakukan mapping titik rawan kriminalitas.

Ia juga akan menyiagakan petugas 24 jam non stop untuk memantau CCTV melalui Comand Center Polres Lumajang.

“Ini sudah terhubung dengan Comand Center, akan saya tugaskan operator 24 jam nonstop, nanti juga akan segera kami koordinasikan titik mana yang rawan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, beberapa waktu lalu terjadi pembegalan di jalan raya Jember-Lumajang via Jatiroto. Peristiwa ini mengakibatkan pengendara luka dan kehilangan motor. (rul/may)

Baca juga : Dua Pemuda Lumajang Dibegal di Jatiroto, Tangan Dicelurit hingga Motor CBR Amblas