AQUA Keboncandi Dukung Pembentukan Kelompok Bank Sampah

1114

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – AQUA Keboncandi bekerjasama dengan Yayasan Sosial Invesment Indonesia mendukung program desa Keboncandi. Yakni, melalui program pembentukan kelompok bank sampah Maslahah Desa Keboncandi.

Dalam kesempatan ini, selain melakukan sosialisasi dan edukasi ke warga dan komunitas, AQUA Keboncandi juga telah menyerahkan sarana tong sampah sejumlah 250 unit dengan kapasitas 25 liter. Tong sampah itu telah dimodifikasi menyatu dengan wastafel stainless serta 1 unit bentor pengangkut sampah.

Bantuan tersebut diserahkan SR Manager AQUA Keboncandi, Hari Wicaksono dan diterima langsung oleh Kepala Desa Keboncandi. Acara pemberian bantuan ini juga disaksikan Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ketua Karang Taruna. Bantuan selanjutnya diserahkan kepada Yuli Karyanto selaku Ketua kelompok bank sampah Maslahah Desa Keboncandi.

Baca Juga :   Ketua Dekranasda Kabupaten Pasuruan Ajak CSR Perusahaan 'Goes To Public'
SERAHKAN MoU: Kades Keboncandi menyerahkan salinan MoU pengelolaan sampah dari Aqua Keboncandi kepada ketua kelompok bank sampah Masalahah Desa Keboncandi.

SR Manager AQUA Keboncandi, Hari Wicaksono mengatakan, Bank Sampah kini menjadi salah satu solusi untuk mengefektifkan dan mengefesiensi pengelolaan sampah skala rumah tangga. Organisasi sosial yang juga sekaligus organisasi nirlaba ini makin terasa dibutuhkan keberadaannya. Sebagai solusi untuk memilah dan mengelola sampah dari sumbernya.

“Sekaligus sebagai media untuk mengedukasi masyarakat mengenai prinsip: Sampahku, Tanggung Jawabku (Samtaku). Karena pengelolaan sampah yang holistik membutuhkan peran dan tanggung jawab semua orang,” tegas Hari.

Setiap orang, lanjut Hari, setiap harinya pasti menghasilkan sejumlah sampah. Baik sampah organik maupun non organik. Kebanyakan dari kita hanya peduli sampai tahap “sampah lenyap dari rumah”. Tapi bagaimana mengenai akhir perjalanan sampah yang kita hasilkan belum dikelola dengan baik.

Baca Juga :   Cheil Jedang Indonesia Beri Beasiswa Ratusan Siswa Berprestasi

Pihak desa Keboncandi mengucapkan terima kasih kepada AQUA Keboncandi dan YSII. Kegiatan sosialisasi pembentukan bank sampah ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat desa Keboncandi, guna membangun kesadaran dan menciptakan budaya pengelolaan sampah. “Selanjutnya desa akan menerbitkan peraturan desa terkait pengelolaan sampah di Desa Keboncandi” tegas Kepala desa Keboncandi, Ahkmad Makrus. (day/*)