Pernah Minum Kopi Hijau? Ternyata, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

894
Biji kopi hijau. Foto: Pixabay.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Berbagai jenis kopi sekarang lagi hits di pasaran. Salah satunya kopi hijau yang memiliki rasa yang jauh berbeda dari kopi pada umumnya.

Biji kopi hijau berasal dari buah-buahan kopi yang belum melalui proses pemanggangan. Oleh karena itu aroma dan rasanya berbeda dari kopi pada umumnya.

Kendati demikian, bukan hanya rasa dan aromanya saja yang terkenal unik. Melainkan khasiat kopi hijau untuk kesehatan juga banyak dirasakan. Oleh karena itu, tidak heran jika kopi hijau masih laris di pasaran.

Namun ternyata, masih banyak orang yang kurang suka minum kopi hijau. Padahal, dinukil dari merdeka.com ada sejumlah manfaat mengkonsumi kopi hijau untuk kesehatan. Apa saja? Simak, yuk!

1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, kopi hijau dapat menurunkan berat badan. Apalagi jika yang dikonsumsi berupa suplemen harian dari ekstrak biji kopi hijau.

Berdasarkan penelitian tersebut, kafein dan asam klonogenat merupakan senyawa utama untuk membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, kopi hijau juga mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Mejaga Kadar Glukosa dalam Darah

Ditinjau dari sejumlah penelitian, kopi hijau yang masih mentah memiliki 100% Asam Chlorogenic (CGA) murni. CGA ini adalah asam ester asam caffeic dengan kandungan antioksidan kuat.

Sebagaimana diketahui, antioksidan dapat menjaga kadar glukosa dalam darah. Bahkan, penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebut biji kopi hijau efektif mencegah perkembangan beberapa jenis kanker.

3. Mencegah Sel Kulit Agar Tidak Rusak

Selain menjaga kadar glukosa, mengkonsumi kopi hijau murni ternyata dapat mencegah sel kulit agar tidak rusak. Oleh karena itu, kopi hijau cocok dikonsumsi oleh wanita.

4. Menurunkan Hipertensi

Bagi yang memiliki masalah kesehatan berupa hipertensi, maka tak perlu bingung. Pasalnya, kopi hijau dapat membantu menyembuhkannya. Hal ini disebabkan karena kopi hijau mengandung asam klorogenat.

Klaim ini dibuktikan oleh sebuah penelitian Clinical and Experimental Hypertension. Penelitian tersebut menyatakan bahwa pasien yang mengkonsumsi 140 mg ekstrak biji kopu hijau per hari, menunjukkan hasil penekanan darah di tubuhnya.

5. Meningkatkan Kinerja Otak Kognitif

Sering merasa suntuk dan tidak fokus saat bekerja? Segera saja mengkonsumsi kopi hijau. Pasalnya, menurut penelitian yang dipublikasi oleh Nutrion Bulletin, kafein mampu meningkatkan fokus.

Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi hijau mampu meningkatkat reaksi waktu, kewaspadaan, ketahanan tubuh dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kinerja kognitif. (trj/may)