Balai Cagar Budaya Akan Tindaklanjuti Penemuan Susunan Batu di Sapikerep

570

 

Sukapura (wartabromo.com) – Penemuan struktur batu di areal kebun Strawberry Sapikerep, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, mencuri perhatian Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan, Mojokerto. Hal itu dilakukan untuk memastikan, apakah batuan tersebut merupakan peninggalan masa-masa kerajaan.

Kepala TU BPCP Trowulan, Kuswanto mengatakan, pihaknya baru mengetahui adanya penemuan itu dari media. Hanya saja, untuk memastikan bebatuan itu, pihaknya akan menindaklanjutinya.

“Nanti kami teruskan ke bagian yang menangani temuan obyek diduga cagar budaya,” katanya, Sabtu (20/2/2021).

Selain itu, pihak BPCP Trowulan juga meminta agar temuan itu disampaikan ke dinas kebudayaan setempat.

“Koordinasi itu penting, salah satunya paling tidak disporaparbud bisa mengkaji dan memberikan laporan yang lebih valid sebelum tim petugas dari BPCB turun ke lokasi,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto belum memberikan komentar apapun terkait dengan penemuan pondasi kuno di kebun strawberry Desa Sapikerep itu.

Diwartakan sebelumnya, pekan lalu sejumlah warga yang sedang melakukan perbaikan fasilitas di wisata petik strawberry, Desa Sapikerep, menemukan struktur batu yang tertata rapi.

Setelah dilakukan pembersihan, batu-batu itu seakan menggambarkan pondasi kuno. Bahkan, menurut warga sekitar sebelum ditemukan pondasi kuno itu, warga sekitar juga sempat menemukan koin kuno dan arca. (lai/saw/ono)