Hoaks, Kabar Kiai Mutawakkil Meninggal

4423

Probolinggo (WartaBromo.com) – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI Jatim), KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah disebut-sehut meninggal dunia. Namun, kabar itu dipastikan sesat atau hoaks.

Kabar tersebut sudah menyebar di media sosial (medsos) seperti, WhatsApp Grup (WAG) dan Facebook (FB), bahkan Telegram.

Akan tetapi pihak MUI Jatim tanpa terkecuali pesantren asuhan Kiai Mutawakkil yakni Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kabupaten Probolinggo menyanggahnya.

Sekretaris Pesantren Genggong, Taufiq Hidayat mengatakan, saat ini pengasuh Pesantren Genggong itu dalam kondisi baik.

“Alhamdulillah kiai masih sehat-sehat saja dan sekarang ada di dalem (rumah) utara,” ungkap Taufiq saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp (WA), Senin 22 Februari 2021.

Sementara melalui pesan singkat MUI Jatim menuliskan, jika informasi itu adalah hoaks. MUI Jatim menegaskan kabar meninggalnya Kiai Mutawakkil termasuk berita palsu dan menyesatkan.

“Beliau seharian berkomunikasi dengan kami, dan tercatat pada 12:35 WIB beliau juga dalam komunikasi dengan kami dalam keadaan sehat sama sekali. ‘Ndak apa apa (diberitakan begitu). Moga saya diberi umur panjang oleh Allah’, begitu jawab beliau saat kami mangabarkan pesan berantai nan palsu di atas,” tulis Sekretaris Umum MUI Jatim, Akh. Muzakki. (cho/ono)