Tertutup Longsor, Jalan Tosari Menuju Bromo Terisolir

465
Akses jalur menuju Bromo via Wonokitri, Kecamatan Tosari yang tertutup longsor. Foto: Istimewa.

 

Tosari (WartaBromo.com) – Tanah Longsor kembali menutup jalan menuju Gunung Bromo, Kamis (25/2/2021) malam. Longsor terparah berada di jalan raya termasuk Dusun Mandrim, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan menguraikan, terdapat 3-4 titik longsor di Kecamatan Tosari. Sekitar pukul 23.30, ia mendapat laporan longsor terparah menutup jalan menuju Gunung Bromo.

“Laporan yang saya terima pukul 23.30, terjadi tanah longsor di 3-4 titik. Salah satu yang terparah di Dusun Mandrim, Desa Wonokitri, menuju Desa Podokoyo. Perengan jalan longsor sehingga menutup jalan,” kata Harris saat dihubungi WartaBromo.

Saat ini, jalan masih terisolir oleh tumpukan tanah longsor. Pihak kecamatan tengah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga setempat untuk meminta bantuan alat berat untuk evakuasi.

“Saat ini, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan Bina Marga untuk mendatangkan alat berat, guna mengevakuasi tanah longsor dari jalan,” urainya.

Adapun titik longsor yang kecil sudah bisa ditangani oleh warga bersama relawan dan pemerintah desa, serata pemerintah kecamatan. Menyisakan satu titik yang belum bisa dievakuasi lantaran menutup seluruh badan jalan.

“Tinggal satu yang di Mandrim yang menutup seluruh jalan, harus pakai alat berat. Belum tahu kapan datang menunggu dari Bina Marga,” bebernya.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat tanah longsor ini. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” tandasnya. (oel/asd)