Total Uang yang Dikumpulkan Kakek Tuna Rungu di 9 Karung Mencapai Rp174 Juta

5959

Payukumbuh (WartaBromo.com) – Seorang kakek tuna rungu menyimpan uang selama bertahun-tahun dalam karung. Sampai saat ini sudah terkumpul Rp174 juta dari “celengan” kakek tersebut.

Palyuri (81) Kakek asal Kecamatan Payukumbuh Utara ini mulanya viral setelah disangka tak dapat perhatian dari pemerintah. Setelah dikunjungi pemeritnah setempat, ternyata Biyok -sapaan akrabnya- merupakan buruh cuci piring kondangan. Ia pun menyimpan uang hingga ratusan juta rupiah dari mengumpulkan upah.

“Biasanya Ia bekerja sebagai pencuci piring di tempat-tempat pesta pernikahan di Payukumbuh. Saya yakin orang Payukumbuh pasti sering melihat dan mengenal Biyok,” kata Anton, keluarga Biyok dilansir dari Antara.

Tak dinyana, hasil yang dikumpulkan Biyok mencapai Rp174 juta. Uang ini didapat setelah warga dan keluarga bersih-bersih rumah kakek ini. Setidaknya ada 9 karung berisi uang dengan total sementara Rp174 juta. Masih ada 2 karung yang tersisa dan belum terhitung.

Baca Juga :   Koran Online 6 Maret : Petani Dibondet di Sawah, hingga 3 Patung Milik Umat Hindu, Dirusak Orang Tak Dikenal

“Saya juga koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk keluarga untuk membawa uang tersebut untuk ditabung di bank. Sebab kalau tidak, akan berisiko terhadap keselamatan dan kenyamannya. Apalagi Biyok sebelumnya juga pernah mendapatkan perlakuan jahat yang hampir merenggut nyawanya,” kata Musleniyetti, Lurah Tigo Koto Diate, Kecamatan Payukumbuh Utara.

Uang Biyok pun ditabung di Bank senilai Rp82 juta. Sisanya sampai saat ini masih dikumpulkan. Sebab ada 2 karung lagi yang belum terhitung. Ditambah lagi ada 1 karung uang yang merupakan pecahan lama dan sudah tidak laku.

“Dia menyimpan uang sudah lama. Mungkin sejak tahun 1990-an, karena ada uang lama era tahun itu,” lanjut Musleniyetti.

Diberitakan sebelumnya baru-baru ini media sosial diramaikan perbincangan seorang kakek tuna rungu yang tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah. Namun setelah dilakukan peninjauan, kakek ini ternyata memiliki uang berkarung-karung di rumahnya.

Baca Juga :   Polisi Geledah Seluruh Kandang Sapi di Kecamatan Ranuyoso, Ada Apa?

“Awalnya soal Biyok ini viral di Facebook dengan informasi bahwa Ia tidak mendapat perhatian atau bantuan. Setelah dicek dan datang ke lokasi, ternyata terjadi misinformasi dan malahan ditemukan fakta baru bahwa Ia memiliki uang yang disimpan di dalam tumpukan kain di rumahnya,” ujar Musleniyetti. (may/ono)

Baca juga: Heboh Kakek Tuna Rungu Simpan Uang Berkarung-Karung di Rumahnya, Hasil Cuci Piring