SPAM Umbulan Diresmikan saat Daerah Sekitarnya Masih Krisis Air

1764

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warga berharap, daerah di Pasuruan yang sering dilanda kekeringan bisa teratasi.

Yanto, salah satu warga Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, yang ditemui WartaBromo mengatakan, desa di dekat Umbulan masih ada yang kesulitan mengakses air bersih.

“Sekitar Umbulan itu masih ada yang belum terjangkau air bersih. Harapannya, yang sekitarnya mestinya sudah dioptimalkan air bersihnya dulu,” kata Yanto.

Di Kabupaten Pasuruan, tiap musim kemarau tiba, sejumlah desa di Kecamatan Winongan dan Kecamatan Lumbang mengalami krisis air bersih. Padahal dua kecamatan ini letaknya masih berada di sekitaran lokasi SPAM Umbulan.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan: PSBB Belum Jadi Opsi

Ketika kekeringan melanda, warga biasanya harus antre mengisi air dalam wadah jeriken selama berjam-jam atau menunggu kiriman air bersih dari BPBD Kabupaten Pasuruan.

Sebagaimana diketahui, Jokowi mengatakan SPAM Umbulan ini akan mengaliri lima kota dan kabupaten di Jawa Timur, di antaranya Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menambahkan, kapasitas produksi air SPAM Umbulan ini bisa mencapai 4.000 liter per detik. Jumlah itu bisa memberikan suplai air terhadap 1,3 juta warga di 5 kota dan kabupaten.

“Ini tentu akan memberikan kehidupan bagi masyarakat bisa mengonsumsi air yang baik dan bersih. Harapan kami, bahwa proses yang sudah direncanakan, tahun 2024 seluruh suplai air bersih bisa diselesaikan,” kata Khofifah. (tof/ono)

Baca Juga :   Pos Pantau Dievaluasi, Sisakan 5 Titik di Kota Pasuruan

Simak videonya:

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.