Tak Cuma Pintar dan Mandiri, Ini Tanda Golongan Perempuan Penerus Kartini!

907

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Memasuki bulan April, nama R.A Kartini seolah tak pernah lekang oleh waktu. Sosoknya terkenal sebagai emansipasi wanita dan banyak diidamkan oleh kaum-kaum perempuan di era milenial seperti sekarang.

Apalagi bagi masyarakat tanah Jawa, Kartini selalu menjadi contoh yang kerap kali diceritakan oleh seorang ibu kepada anak perempuannya. Mengapa demikian? Pasalnya, Kartini memiliki pemikiran yang cerdas dan juga mandiri.

Tak heran jika saat ini banyak kaum perempuan yang mengaku dan yakin bahwa dirinya termasuk dalam golongan Kartini. Apalagi jika sudah memiliki pekerjaan dan menghasilkan uang sendiri, wah sudah pasti semakin percaya diri mengaku sebagai generasi penerus Kartini.

Eits! Jangan PD dulu, pasalnya dinukil dari beberapa sumber ada tanda-tanda lain yang menunjukkan seorang perempuan tergolong penerus Kartini. Apa saja?

1. Memiliki Kecerdasan Intelektual dan Wawasan Luas

Ini adalah ciri paling utama jika seorang perempuan memiliki jiwa Kartini. Artinya, bukan sekadar gelar pendidikan yang ditandai dengan ijazah, tetapi juga murni memiliki kecerdasan intelektual serta wawasan yang luas.

2. Berbudi Pekerti Luhur dan Cermat dalam Bersikap

Budi pekerti dapat dimaknai sebagai sebuah kesadaran seseorang dalam bertindak dan berperilaku. Sikap budi pekerti ini sangat penting karena dapat memberikan keseimbangan dan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat.

3. Tangguh Alias Tidak Cengeng

Ciri perempuan kekartinian yang ketiga adalah mandiri dalam segala situasi. Perempuan yang memiliki sifat mandiri cenderung mampu menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa merepotkan orang lain. Mereka juga pantang menyerah dalam menghadapi hambatan hidup.

4. Sangat Menginspirasi

Perempuan yang memiliki ketangguhan tidak perlu diragukan lagi prinsip hidupnya. Serumit apapun jalan pikiran mereka, ia akan menyelesaikan apa yang telah dimulai.

Perempuan-perempuan dengan sifat inilah yang kemudian menginspirasi banyak orang sebab ketangguhannya.

Nah, dari keempat tanda di atas, mana yang sudah ada dalam diri kalian? (trj/may)