Cek Sekarang! Begini Cara Membedakan Masker Medis Asli atau Palsu

559
Wanita bermasker oleh Freepik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kementerian Kesehatan menemukan banyak sekali masker medis palsu beredar di pasaran. Warga maupun tenaga kesehatan harus jeli untuk membedakan masker ini.

“Menghindari kesalahan pemilihan masker medis maka tenaga kesehatan dan masyarakat agar membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar alat kesehatan dari Kemenkes dan izin edar ini juga bisa diakses melalui infoalkes.kemkes.go.id,” jelas Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan(Farmalkes)Kemenkes, Arianti Anaya.

Selain itu, cara lain untuk mengenali masker palsu dan asli adalah sebagai berikut:

  1. Cek secara visual

Apabila masker tersebut memiliki klaim punya tiga lapisan, maka bolo warmo harus melakukan pengecekan. Coba robek satu masker tersebut dan buktikan.

Nah, pada masker ini biasanya pada lapisan pertama terdiri dari Translucent (atas), lalu lapisan putih (tengah), terakhir lapisan berwarna seperti hijau, biru dan putih.

2. Uji masker dengan air

Pengetesan kedua yakni dengan menguji masker dengan air. Biasanya, lapisan luar masker ini didesain tahan air. Sehingga bisa melindungi dari batuk, bersin atau droplet lain.

Coba cek maskermu dengan membentuk corong pada lapisan pertama. Lalu tuangkan air ke masker tersebut. Nah, jika masker tersebut asli, maka air akan terlihat timbul, atau bisa menahan air.

3. Tes dengan membakar

Terakhir, bolo warmo bisa melakukan pengetesan masker dengan membakarnya. Biasanya lapisan tengah masker benar-benar masker, bukan kertas. Sehingga jika dibakar dengan api, filter tidak akan terbakar. 

Selamat mencoba! (may/ono)

Baca juga: Awas! Masker Medis Palsu Beredar Luas