Pohon Tumbang, 5 Kios di Pasar Ranggeh Ambruk

1232

 

Gondangwetan (wartabromo.com) – Sebanyak lima kios di Pasar Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan rusak, Kamis (8/4/2021). Pohon trembesi yang tumbang menjadi penyebabnya.

Menurut pantauan wartabromo.com di lokasi, pohon yang berdiameter semeter itu tumbang dan menimpa lima kios di sekitarnya. Subkhan (46) pemilik kios pupuk pertanian mengatakan, ia dan sejumlah pedagang lainnya sebelumnya sudah mengusulkan kepada pihak pasar agar pohon itu segera dipangkas.

“Sebelumnya sudah meminta untuk dipotong, tapi keburu tumbang ini gimana,” tuturnya kepada wartabromo.com.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 22.30 WIB malam tersebut juga menyebabkan satu orang terluka. Saiful Imron, pedagang jamu mengalami luka ringan di bagian wajah dan harus dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Sementara itu Akhmad Sodiq, Koordinator Pasar Ranggeh mengatakan, pihaknya sebenarnya akan melakukan pemeliharaan atau perapian pada pohon trembesi yang sudah tua tersebut. Namun terhalang oleh kondisi cuaca.

Sodiq mengatakan pihaknya akan melakukan perawatan berkala dan membersihkan sejumlah pohon yang sudah tua di pasar tersebut.

“Akan segera ditebangi yang sudah tua ini,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris menjelaskan, pohon tersebut memang berisiko tumbang.

“Kondisi pohon memang sudah tua,” katanya.

Pohon tersebut juga masuk dalam kewenangan pasar untuk perawatan atau juga penebangan. Pihaknya hanya membantu melakukan pembersihan jikalau ada peristiwa seperti pohon tumbang. (don/may)