Diterjang Angin Kencang, 7 Rumah dan 1 Madrasah Rusak

1094

 

Tutur (WartaBromo.com) – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Tutur, Kamis (8/4/2021). Akibatnya, 7 rumah warga dan 1 madrasah rusak.

Rumah dan madrasah yang porak poranda terjadi di Dusun Krajan RT 1 RW 1, Desa Tutur, Kecamatan Tutur.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris menjelaskan, akibat diterjang angin kencang dan hujan deras, sejumlah atap rumah warga porak poranda. Tidak hanya rumah, 1 madrasah juga rusak.

“Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan 7 rumah warga dan 1 madrasah mengalami kerusakan. Rata-rata kerusakan pada genteng dan atapnya. 2 rumah warga yang parah. Dan 1 Madrasah Diniyah Roudhotul Ulum atapnya juga terlepas dan garvalum rusak,” kata Harris, Jumat (9/4/).

Baca Juga :   Akses ke Bromo via Tosari Dilanda Longsor, Roda Empat Harap Hati-hati

Kendati rumah dan madrasah porak poranda, akibat terjangan angin kencang, tidak ada korban jiwa dan korban luka.

“Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil,” sambungnya.

Untuk penanganan kedaruratan, BPBD telah memberikan bantuan terpal dan makanan untuk warga yang terdampak. Untuk selanjutnya pihak kecamatan mendata untuk assesment kerusakan yang dialami.

“Tadi sudah ada penanganan darurat dengan memberikan bantuan makanan, dan terpal untuk menutup kerusakan sementara. Untuk yang parah nanti biar dilaporkan camat untuk assesment biar dihitung kerugiannya, nanti bisa kita bantu,” imbuhnya.

Harris juga menambahkan, bahwa angin kencang dan hujan deras ini merupakan efek dari munson dan siklon tropis seroja yang melanda sejumlah wilayah di indonesia. Salah satunya juga berefek di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   20 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Probolinggo

“Kita sedikit banyak, bahwa tekanan angin di wilayah kita cukup besar, sehingga pergerakan angin dari pegunungan ke bawah cukup besar,” tandasnya. (oel/asd)

Simak videonya: