Pemkab Probolinggo Siapkan Rp68 Miliar Untuk THR 7 Ribu ASN

1361

 

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan anggaran lebih dari Rp68 miliar untuk gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR). Dana itu akan dibagikan kepada 7 ribu lebih aparatur sipil negara (ASN).

“Berasal dari dana alokasi umum (DAU),” ungkap Kepala Badan Keuangan Daerah (Bankeuda) Kabupaten Probolinggo melalui Kepala Bidang Anggaran, Jurianto pada Jumat, 9 April 2021.

Meski telah menyiapkan anggaran, kata Jurianto, pemkab belum memastikan kapan pencairannya, karena peraturan pemerintah (PP) terkait hal itu belum keluar. Termasuk apakah besaran THR itu, sama dengan tahun lalu. yakni 1 kali gaji.

“Berkaca pada tahun 2020 lalu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 44 tahun 2020 sebagai dasar hukum pencairan gaji 13. Pada saat itu tidak semua PNS menerima gaji 13. Pemerintah memutuskan hanya golongan 3 ke bawah yang menerima gaji ke-13. Untuk tahun ini kepastiannya kita menunggu PP resminya dulu agar lebih valid,” katanya.

Baca Juga :   Tarif Jip Bromo Tembus Rp1,7 juta, hingga Peserta BPJS Kesehatan Bondong-bondong Ajukan Turun Kelas | Koran Online 28 Des

Pada tahun-tahun sebelumnya, THR biasanya dicairkan 2 pekan sebelum hari raya. Transfer dana ke rekening PNS diprediksi pada akhir April atau awal Mei mendatang. Sedangkan untuk gaji ke-13 akan ditransfer atau dibayarkan jelang tahun ajaran baru dimulai yakni sekitar pertengahan tahun.

“Ancer-ancer itu sudah, tidak akan meleset jauh karena sudah berlangsung sejak tahun-tahun sebelumnya,” ujar pria asal Kabupaten Sidoarjo itu.

Adanya kebijakan pencairan gaji ke-13 dan THR ini, pemerintah pusat berharap agar para ASN tetap memiliki kemampuan belanja. Dengan begitu, roda perekonomian di masyarakat terus berputar, meski di masa pandemi Covid-19.

“Kehadiran gaji ke-13 dan THR, tentunya akan sangat dinantikan oleh para ASN dimanapun dia berada. Tidak hanya di kabupaten Probolinggo, tapi di seluruh Indonesia,” tandas Jurianto.

Baca Juga :   Terjatuh saat Dikejar, Maling asal Tongas Tewas Terkena Bondet yang Dibawanya

Untuk informasi pada APBD 2021, belanja gaji ke-13 dan THR ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo dianggarkan sebanyak Rp67.835.040.114, Anggaran itu untuk sekitar 7.388 pegawai.
(cho/saw/ono)