Gus Ipul Akan Pasang Payung “Madinah” Raksasa di Alun-Alun Kota Pasuruan

5823

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan bakal direvitalisasi dan dipercantik. Pemkot Pasuruan berencana akan memasang payung raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madinah.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Suharso Monoarfa, Jumat (16/04/2021).

Dalam paparannya di Pendopo Pemkab Pasuruan, Gus Ipul memperlihatkan konsep kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan yang akan digarapnya. Dalam paparannya, tampak payung-payung raksasa itu nantinya akan dipasang di depan Masjid Agung Al Anwar, Kota Pasuruan.

Selain itu, Gus Ipul juga menjelaskan bagaimana potensi kawasan wisata religi di Kota Pasuruan. Menurut Gus Ipul, setiap hari sedikitnya ada 30 bus pariwisata yang masuk terminal.

Pada hari Kamis kendaraan yang masuk bahkan bisa sampai 75-100 bus. Jika diambil rata-rata, setiap hari ada 50 bus yang masuk terminal wisata.

“50 bus itu setara 2.500 orang. Belum yang mobil kecil. Kalau ambil 4.000 orang per hari, sebulan 120.000. Setahun 1 juta lebih,” kata Gus Ipul.

Namun begitu, lanjut Gus Ipul, jumlah besar tersebut tidak beriringan dengan fasilitas, sarana, dan prasarana penunjang wisata religi. Masih banyak sarana dan prasarana yang dinilainya kurang memadai.

Sementara itu, Suharso Monoarfa menanggapi, pihaknya mendukung penuh program revitalisasi kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan sebagaimana yang dipaparkan Gus Ipul. Ribuan wisatawan yang hadir tiap hari memang seharusnya layak mendapatkan fasilitas yang memadai.

Suharso menilai wisata religi di Kota Pasuruan penting untuk dikembangkan sebagai salah satu pengungkit perekonomian di daerah. Bappenas, kata Suharso, akan segera membuat masterplan untuk hal ini.

“Kami akan susunkan masterplannya dulu sebagaimana kami juga bikin di tempat lain. Pokoknya kita akan bangun bareng nanti,” ujar Suharso. (tof/ono)

Simak videonya: