Waduh! Kentut di Luar Angkasa Bisa Menyebabkan Ledakan

491

Jakarta (WartaBromo.com) – Bisa buang angin atau kentut dengan mudah adalah anugerah yang tak disadari sebagian orang di muka bumi ini. Padahal untuk astraunot yang sedang di luar angkasa, tak sembarang bisa kentut karena bisa menimbulkan ledakan.

Waduh!

Di bumi, orang bisa saja kentut dengan mudah dan di mana saja. Apalagi biasanya keinginan untuk buang angin itu datangnya mendadak dan tak bisa ditahan-tahan.

Tapi ini tak berlaku bagi astraunot yang ditugaskan di luar angkasa. Ya, mereka harus menahan keinginan buang angin karena membahayakan dan bisa menyebabkan ledakan.

Kok bisa ya?

Hampa udara menyebabkan kondisi di luar angkasa berbeda dengan Bumi. Sehingga gas yang dihasilkan oleh kentut tidak bisa langsung wushhh menghilang.

Kentut yang bolo warmo keluarkan itu mengandung berbagai gas seperti hydrogen hingga metana. Nah, gas tersebut bakal tetap melayang dan tidak bergerak jika dikeluarkan sembarangan di luar angkasa.

Karena gas tak bergerak itulah, maka bisa dengan mudah terbakar. Makanya bisa terjadi kecelakaan fatal di luar angkasa seperti ledakan.

“Kentut itu terasa seperti nangkring. Tidak ada aliran udara sebanyak di Bumi. Anda harus mengalirkan udara untuk menghilangkannya,” ujar Mike Massimo, salah seorang astraunit yang berkegiatan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dinukil dari Detik.

Ilustrasi toilet luar angkasa. Foto Istimewa.

Maka dari itu, astraunot juga menjalani latihan untuk buang angin sebelumnya. Apabila astraunot merasa perut mulai tak nyaman, mereka harus segera ke toilet yang sudah tersedia.

Nah, di toilet itulah astraunot bisa kentut karena ada teknologi khusus supaya gas yang keluar tidak membahayakan. Sehingga kentut tak menyebabkan ledakan. (may/ono)