Klaster Libur Lebaran Bikin Kasus Covid-19 di Kota Pasuruan Naik

1338

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dalam beberapa hari belakangan, kasus Covid-19 di Kota Pasuruan meningkat. Pasien-pasien baru ini disebut berasal dari klaster libur lebaran.

Berdasar data dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, sebelumnya Kota Pasuruan diketahui dari zona oranye turun menjadi zona kuning. Namun sejak hari Rabu (09/06/2021), Kota Pasuruan kembali lagi ke zona oranye.

Pada hari Rabu (09/06/2021) tersebut tercatat ada 4 pasien konfirmasi aktif. Selang seminggu, yakni pada hari ini, Kamis (17/06/2021) pasien konfirmasi aktif di Kota Pasuruan tercatat ada 10 pasien.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat menjelaskan, penambahan kasus konfirmasi aktif di Kota Pasuruan berasal dari klaster libur lebaran.

“Kemarin habis libur. Itu menyebabkan meningkatnya kasus. Seluruh daerah sama,” kata Kokoh kepada WartaBromo.

Menurut Kokoh, Mendagri telah mengeluarkan instruksi agar kepala daerah menjaga wilayahnya dan membatasi mobilitas warga dari daerah satu ke daerah lainnya.

Kokoh melanjutkan, bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit masih aman untuk merawat pasien. Dan selain itu, rumah karantina pasien yang berada di Kantor Kecamatan Bugul Kidul juga masih cukup untuk isolasi pasien.

“Pasien konfirmasi aktif di Kota Pasuruan, sebagian dirawat di Bugul, sebagian di rumah sakit,” imbuh Kokoh. (tof/asd)