Tips Mudah Dapat Pekerjaan Bagi Fresh Graduate yang Minim Pengalaman

663

Pasuruan (wartabromo.com) – Menjadi fresh graduate ternyata tak melulu merasa senang karena bebas dari beban pikiran pendidikan. Justru akan semakin pusing memikirkan pekerjaan yang bisa didapatkan.

Pasalnya, pekerjaan menjadi sesuatu yang harus didapatkan oleh para fresh graduate agar tak diklaim sebagai pengangguran. Apalagi bagi orang yang lulus dari jenjang pendidikan tinggi dan dari kampus ternama.

Sayangnya, realita tak seperti yang diharapkan. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi bagi fresh graduate yang minim pengalaman.

Tapi, jangan terburu galau. Dilansir dari beberapa sumber, ada tips yang bisa dilakukan agar para fresh graduate yang minim pengalaman lekas mendapat pekerjaan.

Baca Juga :   Ini yang Harus Dilakukan Setelah Lolos Administrasi CPNS 2019

Apa saja? Simak, yuk!

1. Buat CV dan Resume yang Kreatif

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah membuat CV dan resume sekreatif mungkin. Hal ini dilakukan untuk memikat HRD perusahaan agar tertarik membaca CV maupun resume yang dikirimkan.

Perhatikan pula penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf dicetak tebal, dan tata kalimat sedemikian rupa. Sehingga poin-poin penting yang menjadi isi lamaran kerja tersampaikan.

2. Asah Keterampilan

Jadi fresh graduate itu kini wajib punya berbagai keterampilan. Meski belum punya pengalaman kerja, tetapi para fresh graduate harus bisa punya keterampilan.

Karena itu, mulai sekarang harus mengasah keterampilan atau dengan mencoba keterampilan baru. Ini agar para fresh graduate bisa bersaing dengan orang lain.

Baca Juga :   Purnawiyata SMK PGRI 2 Pasuruan, Cetak 281 Wisudawan Siap Kerja

3. Awali Karir dengan Jadi Anak Magang

Tidak punya pengalaman belum tentu tidak bisa bekerja. Karena itu bisa mencoba untuk menyalurkan ilmu lebih dulu. Gali kemampuan, kelahlian, dan keterampilan yang didapat saat kuliah dengan mendaftar magang terlebih dahulu. (trj/may)