Begini Ciri-Ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Akan Sukses

45545

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagai orang tua tentu ingin anaknya kelak jadi orang sukses. Namun, kesuksesan tersebut tak datang dengan sendirinya, melainkan peran orang tua sangat berpengaruh.

Menurut ahli parenting dan psikoterapis, Tina B. Tessina Ph.D., kesuksesan anak dipengaruhi cara orang tuanya dalam mendidik. Apabila orang tua mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, maka kelak anak-anaknya akan menjadi individu yang baik ketika dewasa.

Selain itu, dinukil dari beberapa sumber, adapun ciri-ciri orang tua yang kelak anaknya akan sukses adalah sebagai berikut:

1. Senantiasa Mengajarkan Cara Menghargai Uang

Ciri orang tua yang kelak anaknya akan sukses adalah orang tua yang senantiasa mengajarkan cara menghargai uang. Jangan melulu memberikan hadiah berupa materi pada anak, sebab itu akan membuat anak menjadi manja.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh psikoterapis keluarga, Dr Fran Walfish, Anak-anak yang sukses berasal dari keluarga yang sederhana sampai yang miskin. Kok bisa?

Sebab, mereka tahu bagaimana rasanya tidak bisa melakukannya atau menginginkan sesuatu yang tidak dapat dibeli. Keadaan ini kemudian membuatnya belajar lebih giat dan berusaha bekerja keras untuk mencapai kesuksesan.

2. Mampu Mengajarkan Cara Menghadapi Kekecewaan Pada Anak

Seorang anak tidak akan sukses jika sedari kecil tak diajarkan cara menghadapi rasa kecewa. Pasalnya, rasa kecewa dalam kehidupan tak bisa dielakkan dan apabila tak dihadapi dengan cara yang benar, bisa mempengaruhi pola pikir anak sampai dewasa.

3. Selalu Berusaha Memberi Banyak Cinta, Dukungan, dan Dorongan

Kunci lain dalam membesarkan anak-anak yang berhasil adalah memberi banyak cinta, dukungan, dan dorongan. Anak-anak akan merasa diapresiasi dan berharga saat orang tua turut merayakan prestasinya.

4. Tegas Menekankan Pentingnya Tanggung Jawab

Pada setiap tahap perkembangan anak, cobalah menyerahkan tanggung jawab yang sedikit lebih banyak kepadanya. Pasalnya, tanggung jawab merupakan bagian penting dari kehidupan.

Ciri orang tua dari anak-anak yang sukses adalah tahu cara mendelegasikan tanggung jawab pada anak-anaknya. Dengan memberikan tanggung jawab membuat anak-anak belajar bagaimana melakukan sesuatu dan memahami apa yang perlu dilakukan.