Kebut Vaksinasi, Pemkab Targetkan 700 Orang Per Hari

598

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan tengah gencar-gencarnya menggelar vaksinasi Covid-19. Lansia dan masyarakat umum di pasar tradisional jadi sasarannya.

“Ini upaya percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Selain menggelorakan kewaspadaan terhadap penyebaran covid ini, diikuti dengan percepatan /vaksinasi,” terang Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, usai pelaksanaan vaksinasi di Pasar Gempol, Kamis (24/6/2021).

Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat yang beraktivitas di pasar-pasar tradisional bakal digencarkan. Di Pasar Gempol saja, sekitar 200 orang sudah melaksanakan vaksinasi.

“Pemda melakukan upaya vaksinasi para pedagang, dan pembeli, nanti akan dilanjut di beberapa pasar. Senin nanti akan digelar di Pasar Purwosari, dan akan dilanjut,” sambungnya.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya, pemkab setempat menargetkan vaksinasi 700 orang dalam sehari. Dengan pelaksanaan seminggu dua kali.

“Akan memaksimalkan vaksinasi covid-19 di pasar-pasar daerah dan pasar desa yang dilaksanakan secara bergulir. Kami usahakan seminggu dua kali, Senin-Kamis dengan harapan satu per satu pasar daerah dan pasar desa itu selesai divaksinasi,” jelas Anang.

Diterangkan Anang, mengapa pasar? Lantaran pasar dinilai sebagai tempat berkumpulnya masyarakat dan titik temu penjual dan pembeli. Sehingga diperlukannya imun tubuh penjual dan pembeli melalui vaksinasi.

“Jumlah vaksinasi tiap pasar nanti berbeda-beda tergantung pasarnya. Di Gempol tadi sekitar 200 orang. Lewat Disperindag, sudah melakukan pendataan potensi pedagang-pedagang yang ada di pasar. Akan kita sesuaikan jumlahnya, yang jelas satu hari maksimal kita usahakan 700,” bebernya.

Anang menyebut sekitar 10 ribu vaksin masih tersedia untuk masyarakat Kabupaten Pasuruan. Stok tersebut untuk vaksinasi tahap pertama dan kedua. Dengan kata lain, cukup untuk vaksinasi 5 ribu orang.

Untuk vaksinasi lansia sebagai kelompok rentan terpapar Covid-19, kata Anang, terus digencarkan oleh Pemkab setempat. Para lansia yang hendak mengikuti vaksinasi bisa mendatangi puskesmas terdekat.

“Kami mohon bantuan, agar para lansia ini dibantu menyampaikan informasi agar mereka segera datang ke puskesmas pada jam kerja, agar diberikan pelayanan dan agar mereka ada imunitas menghadapi pandemi,” terangnya.

Adapun masyarakat umum yang ingin mengikuti vaksinasi, dimohon untuk bersabar terlebih dahulu. Pasalnya, prioritas vaksinasi sekarang menyasar pasar-pasar dan lansia.

“Nanti akan bertahap, karena memang itu bersangkutan dengan ketersediaan vaksin. Pak Bupati sudah mengupayakan ke Pemprov untuk Kabupaten Pasuruan agar diberikan kuota yang banyak. Manakala nantinya ketika vaksin yang diterima banyak, maka segala elemen masyarakat akan dilaukan vaksinasi secara bergilir,” urianya. (oel/asd)