Vaksinasi Lansia di Kabupaten Pasuruan Masih Jauh dari Target

408
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat menjelaskan progres vaksinasi di wilayahnya, Kamis (24/6/2021). Foto: Miftakhul Ulum.

Pasuruan (wartabromo.com) – Seiring lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pasuruan gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada kelompok rentan lansia. Namun, pelaksanaanya masih jauh dari target.

“Dalam rangka menindaklanjuti kebijakan pak bupati, vaksinasi terhadap lansia. Karena lansia sampai hari ini masih 10,28 persen dari seluruh lansia di Kabupaten Pasuruan,” beber Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya, Kamis (24/6/2021).

Minimnya lansia yang mengikuti vaksinasi ini, kata Anang, didasari beberapa alasan. Di anataranya takut untuk vaksinasi.

“Macam-macam, namanya orang-orang di usia 60 tahun ke atas banyak persoalannya. Ada yang takut, ada yang sakit, sehingga takut menambah sakitnya dan lain-lain,” jelasnya.

Kendati demikian, pemerintah setempat bakal menggencarkan vaksinasi kepada lansia sebagai kelompok yang rentan terpapar Covid-19. “Tetap kita berikan penyadaran. Dalam rangka meningkatkan imun. Kalau bisa vaksin, datang ke puskesmas setiap hari,” tandasnya.

Untuk stok vaksin yang akan diberikan kepada lansia, Anang memastikan stok tersebut aman. Sekitar 10 ribu stok vaksin yang ada sekarang itu akan diberikan kepada masyarakat di pasar-pasar.

“Itu di luar daripada lansia, kalau lansia stoknya mencukupi, kami tidak berani utak-atik, dikhawatirkan setiap hari di puskesmas ada lansia-lansia yang datang dalam rangka vaksinasi,” pungkasnya. (oel)