Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika

1041

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagian besar orang menganggap matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit. Pasalnya, mata pelajaran ini dipenuhi dengan rumus-rumus dan perhitungan yang bejibun.

Untuk bisa lancar mengerjakan soal matematika, maka seseorang harus bisa menghafal rumusnya. Sayangnya, tak banyak orang yang mahir menghafal rumus matematika, sehingga kesulitan.

Nah, pasca dinukil dari detik.com, ternyata ada tips cepat menghafal rumus matematika, lho! Penasaran? Yuk, simak!

1. Kuatkan Niat

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menguatkan niat. Karena apapun yang dilakukan apabila tidak ada niat, maka tidak akan terlaksana.

2. Visualisasi Warna

Manusia punya dua otak, yakni otak kanan dan kiri. Otak kiri lebih fokus pada hal-hal berbau logika, sementara otak kanan cenderung dengan imajinasi dan kreativitas. Biasanya manusia lebih cepat menyimpan informasi yang visualisasinya jelas.

Baca Juga :   Cara Mendidik Anak Tunggal Agar Tidak Manja dan Mandiri

Oleh karena itu, coba saja padukan kemampuan otak kanan dan otak kiri secara bersamaan untuk menghafal rumus matematika. Bagaimana caranya? yakni dengan melakukan visualisasi warna.

Gunakan lembar kosong dan spidol warna untuk menuliskan rumus-rumus yang akan dihafalkan. Dengan menggunakan warna-warna tertentu untuk mewakili setiap rumus, maka seseorang bisa lebih cepat menghapalnya.

3. Pahami Rumus Matematika

Penting diketahui, apabila ingin cepat hafal rumus matematika, maka pahami rumus yang tengah dipelajari. Mulailah dengan mengenali dan memahami rumus tersebut.

4. Temukan Cara Belajar yang Menyenangkan Untuk Diri Sendiri

Terakhir, buatlah cara belajar yang menyenangkan. Sebab cara belajar punya pengaruh yang besar bagi yang hendak menghapal rumus matematika. Cara belajar yang monoton hanya akan membuat seseorang sulit memahami dan menghafal rumus matematika.

Baca Juga :   Membangun Etika Intelektual Dosen Terhadap Mahasiswa

Selain itu, pilihlah tempat yang pas untuk belajar. Jika ingin lebih bisa berkonsentrasi di tempa sepi, maka pilihlah ruangan yang tidak bising. Selain itu, juga bisa mendengarkan musik untuk meningkatkan konsentrasi. (trj/may)